Konten Premium

Kemenangan Giorgia Meloni, Mussolini dan Fasisme di Italia

Bisnis.com,28 Sep 2022, 12:05 WIB
Penulis: John Andhi Oktaveri
Giorgia Meloni, pemimpin partai Brothers of Italy, meraih kemenangan dalam pemilu Italia akhir pekan lalu. Dia akan menjadi wanita pertama yang akan memimpin Italia, namun dianggap berbahaya bagi seluruh Eropa./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Giorgia Meloni, Pemimpin Partai Brothers of Italy, meraih kemenangan dalam pemilu Italia akhir pekan lalu. Dia akan menjadi wanita pertama yang akan memimpin Italia, namun dianggap berbahaya bagi seluruh Eropa. Anggapan muncul dari media-media Barat karena latar belakang pandangannya yang fasis dan radikal. Dia juga dikenal sebagai pengagum Benito Mussolini, diktator fasis Italia yang bernasib tragis.

Melansir The Atlantic, konstitusi Italia, yang mulai berlaku pada tahun 1948, secara tegas anti-fasis, namun budaya politik negara itu tidak pernah benar-benar putus dengan masa lalunya yang ekstremis. Di negara itu, partai-partai yang berakar pada fasisme telah lama diterima sebagai bagian dari panggung politik.

Meski begitu, keberhasilan dalam pemilu yang berlangsung Minggu (255/9/2022) untuk Giorgia Meloni dan partainya, Brothers of Italy, belum pernah terjadi sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini