Konten Premium

Nord Stream Senjata Putin Melawan Eropa?

Bisnis.com,05 Okt 2022, 20:31 WIB
Penulis: John Andhi Oktaveri
Jaringan pipa gas Nord Stream 2. Jerman mencurigai sistem pipa gas Nord Stream 2 dirusak oleh tindakan sabotase. Dugaan ini menjadi eskalasi besar dalam konflik antara Rusia dan Eropa. Dilansir Bloomberg pada Rabu (28/9/2022), seorang pejabat keamanan Jerman mengatakan bukti mengarah kepada temuan tindakan sabotase terhadap pipa gas daripada masalah teknis./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Seperti yang ditulis Ian Fleming, seorang penulis Inggris pencipata karakter James Bond: “Sekali adalah kejadian biasa. Dua kali adalah kebetulan. Ketiga kalinya itu adalah aksi sengaja dari musuh.”

Artinya, seseorang tidak perlu menjadi pembaca setia novel berlatar era Perang Dingin untuk melihat petualangan film 007 dalam peristiwa kehidupan nyata sebagaimana yang terjadi pada pipa kembar gas Nord Stream.

Pasalnya, saluran gas lewat pipa Nord Stream 1 dan Nord Stream 2 yang menghubungkan Rusia dengan Jerman di bawah Laut Baltik itu telah mengalami bukan satu, bukan dua, tetapi tiga kali kebocoran besar dalam sepekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini