Presiden Jokowi Resmi Lantik Sri Sultan HB X Sebagai Gubernur DIY

Bisnis.com,10 Okt 2022, 11:41 WIB
Penulis: Newswire
Presiden Joko Widodo melantik lagi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X periode 2022-2027 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin, 10 Oktober 2022/Tempo-Fajar Pebrianto

Bisnis.com, SOLO - Presiden Joko Widodo resmi melantik Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan KGPAA Paku Alam X sebagai Wakil Gubernur untuk periode 2022-2027.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti Sultan HB X dan Paku Alam X dalam acara pelantikan, Senin (10/10/2022).

Keluarga dari Sultan HB X turut hadir dalam pelantikan ini. Mereka yakni GKR Mangkubumi, GKR Bendara, dan GKR Maduretno.

Berdasarkan Undang- Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Yogyakarta, diatur bahwa Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Sultan yang sedang bertakhta.

Sebelumnya Sultan HB X juga dilantik Presiden Jokowi untuk memangku jabatan Gubernur DIY untuk periode 2017-2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Restu Wahyuning Asih
Terkini