Peluang Bisnis Doner Kebab, Pelopor Kebab di Indonesia Sejak Tahun 90-an

Bisnis.com,11 Okt 2022, 11:25 WIB
Penulis: Arlina Laras
Doner Kebab

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini jumlah gerai dan restoran yang menjual kebab autentik sudah menjamur. Pasalnya, camilan sekaligus makanan berat ini memang menjadi favorit banyak orang.

Adapun, salah satu pelopor gerai franchise kebab pertama di Indonesia otentik adalah Doner Kebab. Di mana, doner sendiri memiliki arti daging yang digantung di dekat alat pemanggang khusus yang nantinya akan diiris dan bisa digulung dengan kulit tortilla.

Sehingga, bagi Anda yang ingin merintis bisnis ini, Anda bisa untuk mulai mencoba bisnis franchise kebab, apalagi mengingat bisnis ini tidak pernah sepi peminat.

Bahkan, dengan model bisnis franchise, bisa dibilang mampu memberikan cukup banyak keuntungan dan minim resiko kerugian. Lantas, seperti apa peluang bisnis Doner Kebab? Simak ulasan Bisnis selengkapnya.

Profil Bisnis Doner Kebab

Doner Kebab masih menjadi pilihan favorit bagi masyarakat dari berbagai kalangan dan usia.

Melansir dari keterangan resmi milik AEON Mall JGC, restoran Doner Kebab adalah merek franchise dari Australia, yang hadir di Indonesia pada bulan Desember 1995. Sehingga tak heran, apabila Doner Kebab yang telah beroperasi selama 27 tahun ini dianggap sebagai pelopor hadirnya kebab di Indonesia.

Lewat rasa yang unik dan beragam pilihan menu mulai dari kebab, hingga paket ayam serta spaghetti, ditambah dengan harga yang terjangkau. Tak heran, apabila gerai ini selalu ramai dikunjungi.

Biasanya, gerai Doner Kebab mudah ditemui di mal-mal besar, seperti Kelapa Gading, Mall Pondok Indah, Mall Kota Kasablanka hingga Grand Indonesia. Bahkan, per Oktober 2022 telah mencapai 37 gerai yang tersebar hingga Surabaya.

Melansir dari Instagram, selain gencar melakukan promosi, Doner Kebab juga kerap melakukan kerja sama lewat skema bisnis food truck dan catering guna keperluan event bazaar ataupun kegiatan lainnya.

Peluang Bisnis Franchise Doner Kebab

Sayangnya, tidak ada informasi seputar franchise Doner Kebab.

Sebagai pelopor kebab pertama di Indonesia, tak heran apabila lewat situs resminya, perusahaan tersebut sangat menjaga kualitas produk, dibanding harus melakukan ekspansi.

Namun, Anda jangan berkecil hati terlebih dahulu, jika Anda tidak bisa bermitra bukan berarti Anda tidak bisa bekerja sama dengan brand ini. Jika Anda memiliki lokasi yang strategis, memadai dan sesuai dengan target bukan tidak mungkin Anda akan di ajak kerja sama oleh pihak perusahaan melalui skema kerja sama mitra pasif, di mana gerai akan tetap dikontrol langsung secara prinsipal.

Setelahnya, seorang mitra akan mendapatkan pendapatan secara berkala baik itu dari hasil sewa tempat atau pembagian keuntungan yang sudah disepakati bersama.

Berdasarkan pantauan Bisnis, sejauh ini memang Doner Kebab memberikan gambaran bahwa semua gerai yang beroperasi di pusat perbelanjaan, sehingga hal tersebut tidak menutup kemungkinan, apabila calon mitra harus mempersiapkan minimal 1 ruko ataupun dengan konsep booth indoor. Selain itu, calon mitra juga dapat mengajukan Business Plan (khusus nya projeksi penjualan) yang dibuat untuk lokasi tersebut.

Layanan Kerja Sama Doner Kebab

Mengutip dari akun Instagram-nya, meski brand ini tidak memberikan informasi mengenai franchise. Namun, brand ini menawarkan layanan kerja sama end-to-end service, berupa Doner Kebab Catering ataupun Food Truck, di mana Anda tidak membeli franchise usaha tersebut, namun Anda dapat menyajikan kembali produk tersebut pada suatu kegiatan tertentu. Tawaran ini terbuka untuk semua kalangan.

Sehingga apabila seorang calon mitra tertarik mengajukan kerja sama, sebaiknya lebih dulu menghubungi pihak manajemen di akun Instagram guna memastikan syarat yang terlaku untuk menghindari ancaman penyalahgunaan merek dagang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini