Konten Premium

Kans Saham Peritel MAPI, LPPF, ACES dkk di Tengah Tekanan Daya Beli

Bisnis.com,13 Okt 2022, 10:05 WIB
Penulis: Iim Fathimah Timorria
Suasana gerai PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF). Penjualan eceran yang menurun dapat menjadi tantangan bagi emiten peritel dan turut memengaruhi kinerja sahamnya. /matahari.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — Risiko kontraksi indeks penjualan riil di tengah menanjaknya inflasi dan tekanan daya beli menjadi tantangan yang dihadapi emiten peritel pada kuartal IV/2022. Kendati begitu, emiten dengan pangsa pasar menengah atas dinilai masih memiliki ruang akselerasi kinerja.

Berdasarkan Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia, Indeks Penjualan Riil (IPR) pada September 2022 diproyeksi turun 0,9 persen secara bulanan ke level 200,0. Kendati demikian, indeks tersebut diperkirakan tumbuh 5,5 persen year-on-year (YoY) dari posisi 189,5 pada September 2021.

Risiko kontraksi IPR secara bulanan seiring dengan penurunan pada kelompok suku cadang dan aksesori, kelompok makanan, minuman dan tembakau serta bahan bakar kendaraan bermotor. Sementara itu, dari sisi harga responden memperkirakan tekanan inflasi pada November 2022 cenderung stabil dan Februari 2023 menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hafiyyan
Terkini