Konten Premium

Mimpi Kolaborasi BUMN antara Pertamina dan PTPN, Ada Salah Kaprah?

Bisnis.com,18 Okt 2022, 17:00 WIB
Penulis: Yustinus Andri & Muhammad Faisal Nur Ikhsan
Seorang anggota TNI berdiri di dekat deretan truk tangki sebelum melakukan pendistribusian BBM di Integrated Terminal Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (6/7/2020). ANTARA FOTO-Dedhez Anggara. Mimpi Kolaborasi BUMN antara Pertamina dan PTPN, Ada Salah Kaprah?

Bisnis.com, JAKARTA – Mimpi besar dicanangkan Indonesia untuk lepas dari ketergantungan kepada impor bahan bakar minyak (BBM) berbasis fosil. Biofuel dari campuran bioetanol dan minyak pun dijadikan salah satu solusi. Namun demikian, misi itu terbilang terlampau optimistis di tengah masih bermasalahnya industri tebu dan turunannya secara nasional.

Adapun PT Pertamina (Persero) berencana untuk mulai menjual BBM dari campuran bioetanol pada tahun depan. Langkah itu dilakukan Pertamina dengan menggandeng PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III).

Seperti dilaporkan oleh Bloomberg, Selasa (18/10/2022), Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan akan menjual bahan bakar E20 yang merupakan campuran dari 80 persen bensin, 15 persen metanol dari gas alam dan 5 persen etanol dari tebu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yustinus Andri DP
Terkini