Konten Premium

Ada "Peluru Nganggur" di Pabrik Alat Berat (UNTR)

Bisnis.com,19 Okt 2022, 14:00 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Alat berat merek Komatsu. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Proposal buyback, yang jadi sabuk pengaman PT United Tractors Tbk. (UNTR) untuk melindungi investor publik dari ancaman penurunan harga saham perseroan mestinya sudah kedaluwarsa pekan lalu. Namun, karena alokasi dana untuk proposal tersebut masih nganggur alias belum terpakai, emiten Grup Astra ini memutuskan untuk memperpanjang durasi buyback.

“Kami bermaksud memperpanjang jangka waktu pembelian kembali saham selama tiga bulan sejak tanggal keterbukaan informasi ini,” kata Sekretaris Perusahaan UNTR Sara Loebis dalam keterbukaan informasi, pekan lalu (11/10).

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah ini, buyback adalah aksi pembelian kembali saham free float suatu emiten yang dilakukan oleh emiten itu sendiri. Lazimnya, langkah ini dilakukan perseroan untuk mengantisipasi kemungkinan risiko akibat aksi jual besar-besaran investor publik, atau sekadar menjaga likuiditas transaksi. Karenanya, pembelian biasanya dilakukan pada batas toleransi harga tertentu, yang dipandang perseroan sebagai nilai wajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Terkini