Lexus Ux 300 e dan Toyota bz4X Bakal Jadi Tumpangan Menteri di KTT G20

Bisnis.com,19 Okt 2022, 16:01 WIB
Penulis: Anshary Madya Sukma
Menteri Sekretaris Negara Pratikno bersama jajaran direksi Toyota Indonesia menjajal bz4X yang bakal digunakan dalam perhelatan KTT G20/Toyota

Bisnis.com, JAKARTA – Dua model BEV Toyota, yakni Lexus UX300e dan Toyota bZ4X akan menjadi kendaraan listrik untuk digunakan pejabat sekelas menteri di acara Presidensi G20 Bali.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno menyebut Lexus UX300e dan Toyota bZ4X akan menjadi kendaraan listrik yang digunakan pejabat sekelas menteri untuk delegasi dari berbagai negara di G20 pada November mendatang.

"Mobil listrik, Lexus UX300e dan Toyota bZ4X ini sudah cukup untuk digunakan oleh orang sekelas menteri yang akan hadir sebagai delegasi dari berbagai negara,” kata Pratikno dalam acara serah terima kendaraan Toyota, Rabu (19/10/2022).

Dalam acara tersebut, PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meminjamkan sebanyak 143 unit dengan rincian Lexus UX300e 41 unit dan Toyota bZ4X 102 unit.

Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto mengatakan apabila 143 unit masih dirasa kurang, maka pihaknya akan secara terbuka untuk mendiskusikan kembali jumlah unit yang dibutuhkan untuk mendukung acara Presidensi G20.

“Secara total kan 143 unit, untuk Lexus UX 300e 41 unit dan Toyota bZ4X 102 unit. Nah, kalau perlu tambahan kami [Toyota] pasti support,” terang Henry.

Adapun, Toyota juga memastikan bahwa pihaknya akan menyediakan juga fasilitas pendukung di G20 Bali, seperti stasiun pengisian mobil listrik. 

Kemudian, Henry juga menambahkan bahwa 143 unit yang sudah digunakan untuk mendukung mobilitas di G20 itu nantinya tetap akan berada di Indonesia. Namun, untuk ke depannya nasib dari ratusan mobil listrik tersebut masih belum bisa dijelaskan secara detail.

Terakhir, Henry menyebut dua model BEV Toyota tidak hanya digunakan untuk mendukung mobilitas di G20 saja, akan tetapi kehadiran Toyota bZ4X dan Lexus UX 300e ini diharapkan akan menjadi simbol komitmen Indonesia dalam mengurangi emisi karbon menuju era netral karbon pada 2060 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Kahfi
Terkini