Daftar Negara di Dunia Laporkan Kasus Gagal Ginjal Akibat Sirup Paracetamol Dietilen Glikol

Bisnis.com,20 Okt 2022, 10:23 WIB
Penulis: Erta Darwati
Obat sirup cair

Gejala yang muncul akibat mengonsumsi obat sirup paracetamol seperti demam pada 81 pasien (94 persen), muntah pada 29 pasien (34 persen), diare pada 25 pasien (29 persen), batuk pada 19 pasien (22 persen), dan sakit perut pada 3 pasien (4 persen).

Selain itu, para orangtua dari anak yang terpapar dietil glikol juga melaporkan gejala lain, termasuk anuria pada 80 pasien (95 persen), edema pada 40 pasien (48 persem), sakit perut pada 23 pasien (27 persen), perubahan kesadaran pada 17 pasien (20 persen), oliguria dalam 10 pasien (12 persen), dan dispnea pada 9 pasien (10 persen).

Dari pengamatan yang dilakukan, dari 98 anak yang tetap tinggal di Haiti selama sakit, 11 di antaranya mengalami luka saat dibawa ke  rumah sakit, dan dari 87 anak yang tersisa, 85 pasien (98 persen) meninggal dunia. 

Setelah itu, sebelas anak yang dibawa ke AS untuk perawatan intensif, termasuk hemodialisis atau dialisis peritoneal, 1 orang meninggal saat dalam perjalanan dan 2 lainnya meninggal saat dirawat inap.

Sementara itu, dari 8 anak yang masih hidup, 7 sembuh dengan fungsi ginjal penuh, 1 anak mengalami gagal ginjal kronis yang membutuhkan dialisis peritoneal rawat jalan.

Para peneliti menyarankan untuk mencegah gagal ginjal akibat mengonsumsi sirop paracetamol mengandung dietilen glikol adalah agar seluruh pabrik obat/farmasi menerapkan cara pembuatan obat yang baik.

Sementara itu, di Indonesia saat ini Kementerian Kesehatan mengeluarkan instruksi melarang penjualan obat sirup paracetamol karena mengandung dietilen glikol.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  1. 1
  2. 2
  3. 3
Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini