Daftar Obat yang Bebas Etilen Glikol dan Dietilen Glikol: OB Herbal, Antangin, Sido Muncul

Bisnis.com,21 Okt 2022, 11:45 WIB
Penulis: Widya Islamiati
Obat sirup cair

Bisnis.com, JAKARTA - BPOM mengunggah penjelasan mengenai informasi keempat hasil pengawasan terhadap sirup obat yang diduga mengandung etilen glikol dan dietilen glikol pada Kamis (20/10/2022).

Sejalan dengan rilis tersebut, muncul hoaks daftar obat dari beberapa produsen obat terkonfirmasi mengandung zat berbahaya.

Beberapa produsen obat kemudian mengonfirmasi bahwa produknya tidak mengandung zat-zat yang dinyatakan dilarang tersebut. 

Berikut daftar produsen yang menyatakan produknya bebas dari etilen glikol dan dietilen glikol:

PIM Pharmaceuticals

Melalui unggahan di laman Instagram resminya @pimpharmaceuticals, PT PIM Pharmaceuticals menerangkan produknya tidak mengandung bahan baku etilen glikol dan dietilen glikol. 

Produk obat sirup cair dari PT PIM Pharmaceuticals berupa:

PT Soho Industri Pharmasi

PT Soho Industri Pharmasi melalui akun instagram resminya @sohoglobalhealth.people juga menyatakan bahwa produknya yang dalam sediaan sirup tidak menggunalan etilen glikol dan dietilen glikol. 

Selain itu, PT Soho Industri Pharmasi juga menyebut produknya berbahan dasar herbal dan tidak menggunakan bahan baku parasetamol.

Produk PT Soho Industri Pharmasi dalam sediaan sirup adalah:

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul

PT Sido Muncul melalui surat resmi yang dimuat di laman Instagramnya juga menuliskan bahwa produknya tidak menggunakan bahan etilen glikol dan dietilen glikol. 

Berikut produk PT Sido Muncul:

OB Herbal

Melalui unggahan di laman Instagram resminya, produsen obat OB Herbal dari PT Deltomed juga menyatakan bahwa produknya tidak terkontaminasi etilen glikol dan dietilen glikol. 

Selain itu, OB Herbal juga mengaku produknya merupakan obat 100 persen herbal yang tersertifikasi Obat Herbal Berstandar.

Produk OB Herbal dalam sediaan sirup:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  1. 1
  2. 2
  3. 3
Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Restu Wahyuning Asih
Terkini