Konten Premium

Obsesi Alibaba Menautkan Smartfren (FREN) dan Whale Cloud

Bisnis.com,26 Okt 2022, 14:33 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Pendiri Alibaba Jack Ma menjadi pembicara di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018)./ANTARA-M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA – Pada awal 2018, lewat akuisisi senilai US$190,6 juta, Alibaba menjadi malaikat penyelamat bagi ZTEsoft, perusahaan OSS/BSS yang nasibnya sempat di ujung tanduk. Setelah merombak dan mengganti namanya jadi Whale Cloud, kini Alibaba punya misi tidak kalah serius: mengirimnya untuk bergerilya ke Indonesia.

Sejak 2017 ZTEsoft, nama Whale Cloud sebelum diakuisisi Alibaba, sempat terjegal masalah serius dengan pemerintah Swedia, India, dan Amerika Serikat (AS). Pemicunya ialah kecurigaan soal keamanan data, yang muncul lantaran dugaan koneksi perusahaan dengan pemerintah China.

ZTE, pemegang saham terbesar ZTEsoft sebelum dibeli Alibaba, memang memiliki hubungan kuat dengan para taipan di lingkaran rezim penguasa China Xi Jinping. Di AS saja, tiga bulan sebelum diakuisisi Alibaba, layanan ZTEsoft sempat ditutup karena tidak mampu memenuhi dokumen yang disyaratkan pemerintah setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Terkini