Apa itu Saham? Ini Jenis, Keuntungan dan Risiko Investasi Saham

Bisnis.com,27 Okt 2022, 16:10 WIB
Penulis: Hana Fathina
Pemilik saham juga memiliki hak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya./Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Saham adalah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan atau bukti penyertaan modal. Pemilik saham juga memiliki hak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya. Dengan memegang saham, maka individu maupun badan dapat mengklaim kepemilikan pada suatu perusahaan terbuka. 

Penerbitan saham merupakan salah satu cara perusahaan untuk mendapatkan dana segar atau modal untuk pengembangan bisnis jangka Panjang. Saham sendiri bisa diperjualbelikan melalui Bursa Efek Indonesia dengan harga yang berubah-ubah sesuai dengan kondisi perusahaan dan juga kondisi ekonomi. 

Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang saham yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Jenis saham

Pemilik saham akan memiliki hak suara atas perusahaan sahamnya yang ia miliki. Besar kecilnya hak suara tersebut tergantung dari seberapa besar persentase saham yang dimiliki. Jika kamu memiliki persentase yang besar atas saham dari sebuah perusahaan, maka hak suara yang kamu miliki juga akan semakin besar.

2. Risiko Investasi Saham

Suspensi saham oleh bursa ini, dapat berlaku selama beberapa hari tetapi tidak menutup kemungkinan ini bertahan dalam beberapa bulan atau beberapa tahun. Suspensi ini memiliki tujuan untuk memberikan waktu untuk pelaku pasar, untuk mempertimbangkan keputusan investasinya di saham tertentu. 

Yang berarti, pemegang saham hanya akan mendapatkan sisa harta yang dimiliki sebuah perusahaan setelah membayar kewajibannya. Namun, tidak menutup kemungkinan pemegang saham tidak akan mendapatkan apa-apa jika perusahaan tidak memiliki harta yang tersisa. 

3. Keuntungan Investasi Saham

Itulah beberapa penjelasan tentang saham yang perlu kamu ketahui sebelum kamu bermain saham agar tidak rugi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini