Hutama Karya Ramal Volume Lalu Lintas saat Nataru Naik Dobel Digit

Bisnis.com,28 Okt 2022, 20:24 WIB
Penulis: Muhammad Ridwan
Suasana proyek tol Indralaya-Prabumulih, Sumatra Selatan, sebagai bagian tugas PT Hutama Karya (Persero) mengembangkan Tol Trans Sumatra, Kamis (5/5). JIBI/Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) memproyeksikan adanya peningkatan volume lalu lintas (VLL) selama periode libur Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas, perusahaan pelat merah itu akan menyiagakan 8 ruas jalan tol.

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menjelaskan VLL pada ruas Jalan Tol Trans Sumatara (JTTS) pada libur Nataru tahun ini diproyeksikan lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

"Hutama Karya memprediksi trafik di ruas JTTS yang dikelola Hutama Karya pada momen Nataru 2022/2023 mengalami pertumbuhan hingga 12,88 persen jika dibandingkan dengan pada lalu lintas Nataru 2021/2022," ujarnya kepada Bisnis.com, Jumat (28/10/2022).

Tjahjo mengatakan dalam mendukung kelancaran lalu lintas pada saat momen Nataru, Hutama Karya mengoperasikan 8 ruas di JTTS) dengan Panjang 547 km terdiri atas ruas Bakauheni–Terbanggi Besar, Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung, Palembang–Indralaya, Pekanbaru–Dumai, Pekanbaru–Bangkinang, Medan–Binjai, Binjai–Stabat dan Sigli–Banda Aceh.

Selain itu, terdapat 1 ruas yang sudah rampung 100 persen konstruksinya dengan panjang 17,8 km yaitu Bengkulu – Taba Penanjung, serta 1 ruas yang baru yang dioperasikan pada tahun ini yakni Pekanbaru-Bangkinang.

"Ruas baru yang terakhir beroperasi pada 2022 yaitu Ruas Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 31 km yang sudah dioperasikan tanpa tarif per tanggal 27 Oktober 2022," ungkapnya.

Adapun, Hutama Karya secara resmi mengoperasikan tanpa tarif Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Pekanbaru - Bangkinang pada hari Kamis (27/10) tepatnya pukul 07.30 WIB.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan bahwa selama beberapa minggu kedepan masyarakat Riau sudah dapat melintas di jalan tol ini secara gratis.

Masa sosialisasi beroperasi tanpa tarif ditetapkan oleh Kementerian PUPR selaku regulator. Nantinya setelah masa sosialisasi selesai, tarif tol akan diberlakukan sesuai dengan tarif yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1189/KPTS/M/2022 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang.

Hutama Karya mencatat trafik kendaraan yang melintas di Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang per 27 Oktober 2022 pukul 15.00 WIB ini mencapai 1.592 kendaraan melalui GT Bangkinang paska dioperasikan kemarin, mulai pukul 07.30 WIB.

“Selama masa sosialisasi, pengguna jalan yang ingin melintas masih belum dikenakan tarif atau masih belum berbayar sehingga banyak hal yang perlu diedukasi seperti informasi mengenai aturan dan tata tertib berkendara di jalan tol," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rio Sandy Pradana
Terkini