Konten Premium

Pandemi dan Cara Mengurus Karyawan yang Tak Lagi Sama

Bisnis.com,29 Okt 2022, 15:31 WIB
Penulis: Anggara Pernando
Renata Mrazova Chief People Officer Home Credit International dan Wiwik Wahyuni Direktur HR Home Credit Indonesia di Jakarta akhir September 2022./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan mendasar dalam pengelolaan sumber daya manusia perusahaan modern. Pendekatan konvensional tidak lagi dapat diterapkan. Sejumlah anekdot bahkan mengemukakan apa yang terjadi dalam dunia human resources setelah 2 tahun pandemi, telah menggantikan pelajaran 200 tahun terakhir. 

Renata Mrazova, Chief People Officer Home Credit Internationa dalam kunjungannya ke Indonesia akhir September 2022 lalu menyebutkan pandemi mengubah pendekatan dalam mengelola sumber daya manusia dalam perusahaan. Perubahan mencakup sistem kerja, cara orang diperlakukan, dan prioritas setiap orang telah disusun ulang. Penyebabnya, pandemi Covid-19 yang membatasi pergerakan orang. 

Atas perubahan ini, pekerja dalam pengelolaan sumber daya manusia perusahaan tidak bisa lagi sepenuhnya menerapkan apa yang selama ini dipelajari.  "Saya bergurau dengan tim kami bahwa cara memimpin dalam 2 tahun terakhir sudah berubah lebih banyak dibandingkan 200 tahun terakhir," katanya kepada Bisnis dalam wawancara terbatas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini