Singapura Klaim Lewati Puncak Gelombang Covid-19 Omicron XBB

Bisnis.com,31 Okt 2022, 22:47 WIB
Penulis: Pernita Hestin Untari
Singapura/Pegipegi

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung mengatakan bahwa gelombang Covid-19 yang disebabkan oleh varian Omicron XBB berhasil turun. Dia menambahkan bahwa negaranya kemungkinan besar telah berhasil melewatinya. 

Melansir Channel News Asia, Senin (31/10/2022), Ong mengatakan Pemerintah Singapura awalnya bersiap untuk kembali menerapkan syarat masker di dalam ruangan dan langkah-langkah yang berbeda dengan vaksinasi yang ditargetkan jika situasinya memburuk. 

“Untungnya, jumlah infeksi memuncak dan kemudian menurun jauh lebih awal dari yang kami modelkan dan perkirakan, dan saya pikir kami dapat menghentikan rencana darurat ini, setidaknya untuk saat ini,” kata Ong. 

Hingga Minggu (30/10/2022) siang, tercatat 3.240 kasus baru Covid-19. Rasio infeksi minggu-ke-minggu adalah 0,66,angka di bawah 1 menunjukkan bahwa jumlah kasus baru Covid-19 mingguan di Singapura turun.

Namun, Ong menekankan bahwa Singapura harus siap untuk mengembalikan beberapa langkah manajemen yang aman jika negara tersebut menghadapi gelombang infeksi yang didorong oleh varian Covid-19 lainnya. 

Dia juga mengatakan bahwa situasi Covid-19 di Singapura telah stabil, tetapi negara itu berada dalam fase baru pandemi dan memperingatkan agar tidak berpuas diri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini