Komunikasi Verbal: Contoh dan Perbedaannya dengan Non Verbal

Bisnis.com,31 Okt 2022, 09:56 WIB
Penulis: Hana Fathina
Jenis komunikasi verbal/Pexels

Bisnis.com, JAKARTA - Komunikasi verbal adalah proses transmisi pesan dengan menggunakan bahasa dari komunikator terhadap komunikan. Kata-kata yang kita ucapkan merupakan isyarat verbal yang digunakan dengan tujuan untuk berkomunikasi. Komunikasi verbal sering kali dianggap sebagai bagian utama dari komunikasi. 

Komunikasi verbal sebagian besar terjadi dalam situasi bertatap muka langsung. Akan tetapi, saat ini komunikasi verbal semakin luas dengan memanfaatkan instrumen atau seperangkat alat elektronik seperti telepon dan email. Faktor yang terpenting dalam komunikasi verbal adalah dengan adanya simbol-simbol verbal dalam pesan yang disampaikan seperti penggunaan susunan bahasa. 

Berikut ini adalah beberapa pembahasan tentang komunikasi verbal yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Contoh komunikasi verbal

2. Ciri-ciri komunikasi verbal

3. Prinsip komunikasi verbal

4. Perbedaan komunikasi verbal dan non verbal

Menurut Malandro dan Barker secara tipikal, belahan otak sebelah kiri adalah tipe informasi yang lebih tidak berkesinambungan dan berubah-ubah, sementara sebelah kanan tipe informasinya lebih berkesinambungan dan alami. 

Komunikasi non verbal tidak banyak dibatasi oleh niat. Persepsi sederhana ini jika seorang penerima sudah cukup dipertimbangkan menjadi komunikasi non verbal. Sebab, komunikasi non verbal cenderung kurang dilakukan dengan sengaja dan kurang halus jika dibandingkan dengan komunikasi verbal 

Itulah beberapa hal mengenai komunikasi verbal yang harus kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini