Asioti: IoT Creation Bisa Tawarkan Solusi Permasalahan Masyarakat

Bisnis.com,03 Nov 2022, 16:52 WIB
Penulis: Rio Sandy Pradana
Ketua Asosiasi IoT Indonesia (Asioti) Teguh Prasetya. / Dok. Asioti

Bisnis.com, JAKARTA - IoT Creation diklaim memiliki potensi untuk memberikan solusi bagi permasalahan masyarakat seiring dengan meningkatnya peminat pengembangan solusi teknologi internet of things.

Ketua Asosiasi IoT Indonesia (Asioti) Teguh Prasetya menjelaskan, sejak mulai pada lima bulan lalu, baik secara daring maupun luring, peminat yang tertarik mengikuti acara ini terus meningkat.

“Kegiatan ini hadir untuk menggali potensi dari anak bangsa agar terus berinovasi dan mengedepankan solusi yang bisa memecahkan masalah yang ada di sekeliling kita,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (3/11/2022).

Dia berharap agar kegatan ini dapat makin menngkatkan daya saing industri IoT dalam negeri. Termasuk dengan lahirnya beragam solusi, baik dari komunitas, pegiat, sekolah, periset, usaha rintisan, hingga perusahaan yang ada di Indonesia.

“Berbagai upaya kontribusi ini diharapkan akan makin mendukung transformasi digital yang berujung pada pemulihan ekonomi ke depan,” ujarnya.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail menjelaskan tren percepatan digitalisasi ini membuka peluang untuk reorientasi pertumbuhan sektor-sektor tersebut menjadi lebih efisien dan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat.

“Peran konektivitas data berbasis internet kecepatan tinggi [broadband] telah banyak mengubah cara berbisnis para pelaku usaha dewasa ini, termasuk di sektor perindustrian,” ujarnya.

Dia berpendapat pemanfaatan IoT secara masif ini, akan membuka peluang bagi karya anak bangsa untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Solusi IoT karya anak bangsa diharapkan terus mendominasi sehingga mampu bersaing dengan aplikasi dari luar Indonesia.

Gelaran IoT Creation tahun ini telah memasuki tahun keempatnya. Ajang yang digagas Kemenkominfo bekerja sama dengan Asioti ini pun telah sampai pada tahap akhir.

Agritronz, platform IoT, pada bidang pertanian hortikultura yang mengintegrasikan platform New Renewable Energy berbasis Solar Cell System dengan platform Internet of Things dan sistem manajemen data, berhasil menjadi pemenang untuk kategori Smart Solution Hunts.

Sementara di kategori Hands on Workshop, solusi E-Kamling dari NSC Tech, yang merupakan sistem elektronik keamanan lingkungan yang terintegrasi dengan IoT, berhasil menjadi juara pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rio Sandy Pradana
Terkini
'