Apa itu Afiliasi? Ini Kelebihan, Contoh dan Cara Kerjanya

Bisnis.com,07 Nov 2022, 07:22 WIB
Penulis: Hana Fathina
Afiliasi merupakan cara mendapatkan uang melalui penjualan produk atau jasa dari sebuah perusahaan yang menyediakan program afiliasi./Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Afiliasi adalah suatu langkah besar memperoleh penghasilan tambahan dengan mendaftarkan diri pada suatu perusahaan yang sedang menawarkan peluang untuk menjualkan produknya kepada konsumen melalui afiliasi, agar mendapat keuntungan sesuai kesepakatan bersama. 

Secara sederhana, afiliasi merupakan cara mendapatkan uang melalui penjualan produk atau jasa dari sebuah perusahaan yang menyediakan program afiliasi. Kamu juga bisa bergabung menjadi affiliate marketers dan akan diberikan gaji setelah produk tersebut terjual. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang afiliasi yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Contoh afiliasi

Perusahaan afiliasi dapat ditemukan pada bisnis yang saling terkait. Di pasar modal misalnya, perusahaan sekuritas akan memiliki saham di perusahaan pengelolaan aset hingga perusahaan penjamin emisi. 

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, biasanya akan memiliki saham dan terafiliasi dengan perusahaan yang bergerak di bidang dana pensiun, asuransi, sekuritas dan sektor lainnya yang masih berhubungan dengan jasa keuangan, contohnya seperti: 

Sebelum berhasil mengikuti program ini, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa pertanyaan, seperti apakah pernah mempunyai pengalaman sebagai digital marketing hingga bagaimana yang akan digunakan dalam mempromosikan bisnis shopify. 

2. Cara kerja afiliasi

3. Kelebihan afiliasi

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu jika kamu baru ingin memulai afiliasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini