Ekonomi Makro: Definisi, Kebijakan, dan Bedanya dengan Ekonomi Mikro 

Bisnis.com,07 Nov 2022, 09:54 WIB
Penulis: Hana Fathina
Suasana deretan gedung bertingkat dan perumahan padat penduduk di Jakarta, Senin (4/7/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonomi makro adalah cabang ilmu ekonomi seputar ekonomi secara keseluruhan, termasuk kinerja, perilaku hingga proses pengambilan keputusan. Hal ini juga masih berkaitan dengan penggunaan faktor produksi secara efisien agar tercipta kesejahteraan masyarakat yang maksimal. 

Menurut Budiono seorang penulis ekonomi makro, ekonomi makro merajuk kepada cabang ilmu untuk mengetahui pertumbuhan perekonomian suatu negara dan juga pokok-pokok ekonominya dalam jangka Panjang dan jangka pendek. 

Berikut ini beberapa hal tentang ekonomi makro yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Tujuan ekonomi makro

Lalu, tabungan dalam negeri tergantung dengan penghasilan masyarakat dan tingkat suku bunga. Karena, untuk meningkatkan kemampuan dasar produksi di suatu negara dapat dilakukan dengan meningkatkan penghasilan masyarakat. 

2. Kebijakan ekonomi makro

Melalui kebijakan fiskal, pemerintah dapat mempengaruhi tingkat pendapatan nasional, tingkat kesempatan kerja, tinggi rendahnya investasi nasional dan juga distribusi pendapatan nasional. 

3. Contoh ekonomi makro

Contoh ekonomi makro yang pernah terjadi seperti inflasi, tingkat harga, pertumbuhan ekonomi, pendapatan nasional, PDB atau produk Domestik Bruto hingga fenomena pengangguran. 

Ekonomi makro juga berkaitan dengan kinerja, struktur dan behaviour ekonomi, hal ini berbeda dengan ekonomi mikro yang lebih fokus dengan keputusan yang dibuat oleh pelaku politik seperti industry, masyarakat, dan perusahaan. 

4. Perbedaan ekonomi makro dan mikro

Itulah beberapa hal mengenai ekonomi makro yang mungkin kamu belum tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini