Bank Sentral: Pengertian, Tugas, Fungsi, Wewenang dan Contohnya

Bisnis.com,07 Nov 2022, 15:22 WIB
Penulis: Hana Fathina
Bank Indonesia adalah bank sentral yang memiliki wewenang dalam mengatur kebijakan moneter/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA  - Bank sentral merupakan sebuah instansi atau sebuah lembaga keuangan yang bertanggung jawab pada suatu kebijakan moneter dan juga menciptakan tingkat aktivitas ekonomi yang stabil pada suatu negara. 

Bank sentral menjadi sebuah lembaga yang sudah dimiliki oleh para pihak swasta pada suatu pemerintahan negara, memiliki tanggung jawab atas stabilitas mata uang, menjaga tingkat inflasi, stabilitas sektor perbankan dan seluruh sistem keuangan pada sebuah negara. 

Bank sentral wajib menjaga agar tingkat inflasi terkendali serta selalu dalam nilai merendah maupun pada posisi optimal untuk perekonomian dengan bentuk mengontrol keseimbangan pada jumlah barang serta uang. 

Berikut ini beberapa hal tentang bank sentral yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Tugas bank sentral

Dalam kebijakan moneter tersebut harus dijalankan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Sehingga, pihak BI harus bekerjasama dengan pihak pemerintah yang dimana seluruh kebijakan yang sudah ditetapkan dapat berjalan sesuai dengan kebijakan fiskal dan juga beberapa kebijakan ekonomi lainnya. 

2. Fungsi bank sentral

Jika Bank Indonesia menaikkan cadangan kas, berarti Bank Indonesia sedang mengurangi jumlah uang yang beredar. Sedangkan, jika Bank Indonesia menurunkan cadangan kas, berarti Bank Indonesia ingin menambah jumlah uang yang beredar. 

Salah satunya untuk memberi persetujuan dan izin dan juga melaksanakan penyelenggaraan berbagai sistem pembayaran. Bank Indonesia juga diwajibkan bagi pihak penyelenggara jasa sistem pembayaran harus rutin menyampaikan laporan kegiatan mereka. 

Sebagai agen penasihat, fungsi bank sentral adalah mengelola dan mengurus semua kegiatan administrasi yang berkaitan dengan hutan nasional. Bank sentral juga akan memberikan saran dan informasi mengenai keadaan pasar uang dan pasar modal terkini pada pemerintah.

3. Tujuan bank sentral

Tujuan bank sentral adalah untuk mencapai dan memelihara kestabilan rupiah. Adapun kestabilan nilai rupiah yang dimaksud adalah kestabilan nilai rupiah terhadap barang dan jasa yang tercermin dari perkembangan laju inflasi serta kestabilan mata uang negara lain. Instrumen yang digunakan untuk mencapai dan memelihara nilai rupiah tersebut melalui Bank Indonesia adalah bank sentral. 

4. Wewenang bank sentral

5. Bank sentral dunia


Itulah beberapa hal tentang bank sentral. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu tentang bank. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini