ST009 Dipasarkan Pekan Ini, Simak Keuntungan Investasi Sukuk Tabungan

Bisnis.com,08 Nov 2022, 14:23 WIB
Penulis: Lorenzo Anugrah Mahardhika
Ilustrasi OBLIGASI. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah akan segera membuka penawaran Surat Berharga Negara (SBN) ritel jenis sukuk tabungan (ST) seri ST009 pada pekan ini.

Sejauh ini, pemerintah telah menawarkan sebanyak 6 seri SBN ritel mulai dari jenis ORI, Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Wakaf Ritel (SWR), hingga Sukuk Ritel (SR). Adapun ST009 merupakan seri SBN ritel terakhir yang akan ditawarkan pemerintah pada tahun ini.

Berdasarkan informasi pada laman resmi Kementerian Keuangan, Selasa (8/11/2022), Sukuk Tabungan dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Kemudian, apa saja keuntungan jika investor memutuskan untuk membeli ST009?

Berikut adalah sejumlah keunggulan investasi sukuk tabungan berdasarkan Memorandum Informasi Sukuk Tabungan seri sebelumnya yakni ST008 yang diakses dari laman resmi Kementerian Keuangan.

Pembayaran imbalan atau kupon dan nilai pokok sukuk tabungan dijamin oleh negara berdasarkan undang-undang SBSN dan Undang-Undang APBN setiap tahunnya. Sehingga, sukuk tabungan tidak memiliki risiko gagal bayar (default).

Kemudian tingkat imbalan Sukuk Tabungan akan kompetitif, lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito Bank BUMN.

Selanjutnya, imbalan atau kupon pada sukuk tabungan bersifat mengambang dengan jaminan kupon minimal atau floating with floor. Artinya, kupon yang diterima investor dapat lebih tinggi saat suku bunga acuan naik, tetapi tidak bisa turun lebih rendah daripada batas minimal yang ditetapkan.

Pembayaran imbalan atau kupon Sukuk Tabungan juga akan dibayar setiap bulan. Selain itu, produk ini juga dikelola sesuai prinsip syariah.

Adapun, meski tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder (non tradeable), Sukuk Tabungan memiliki fitur early redemption tanpa dikenakan biaya atau redemption cost. Artinya, Sukuk Tabungan bisa dicairkan sebelum jatuh tempo, dengan persyaratan yang berlaku.

Pembelian dan pengajuan early redemption tersebut juga dipermudah dengan akses melalui sistem elektronik atau online.

Terakhir, dengan membeli Sukuk Tabungan, masyarakat dapat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ibad Durrohman
Terkini