Cara Mendapatkan EFIN dengan Mudah dan Cepat, Bisa Lewat Online

Bisnis.com,09 Nov 2022, 10:24 WIB
Penulis: Hana Fathina
Cara mendapatkan EFIN dengan mudah dan cepat./DJP

Bisnis.com, JAKARTA - Electronic Filing Identification Number atau EFIN adalah nomor identitas yang sangat penting bagi para Wajib Pajak agar bisa melakukan transaksi elektronik dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). EFIN berlaku seumur hidup dan bisa digunakan oleh wajib pajak untuk registrasi di situs aplikasi DJP online. Bagi wajib pajak yang sudah terdaftar, EFIN juga diperlukan untuk melakukan reset password ataupun email di situs aplikasi DJP online Ketika akan melaporkan SPT ataupun layanan pajak lainnya. 

Jika sebelumnya wajib pajak setiap tahun melapor ke Kantor Pelayanan Pajak  (KPP) dan mengisi formulir isian SPT Tahunan dengan sistem e-filing, wajib pajak bisa melakukannya melalui sistem online tanpa perlu datang ke KPP lagi. Hanya saja wajib pajak harus memiliki EFIN agar bisa melakukan e-filing. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang EFIN yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Cara mendapatkan kode EFIN Online

Untuk mendapatkan EFIN, Wajib Pajak Orang Pribadi wajib langsung mengunjungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat. Setelah mendapatkan EFIN, yang bersangkutan wajib melakukan aktivasi atau mendaftarkannya pada aplikasi pajak yang digunakan. Setelah itu, wajib pajak dapat menggunakan EFIN untuk menyelesaikan seluruh urusan perpajakan.

Cara mendapatkan EFIN secara online dengan mengirimkan pengajuan melalui alamat email masing-masing KPP sesuai domisili kamu. Kemudian dapat EFIN online bagi wajib pajak pribadi dengan cara berikut: 

2. Cara mendapatkan EFIN bagi wajib pajak badan

3. Cara mendapatkan EFIN untuk wajib pajak badan kantor cabang

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan EFIN yang mungkin bisa kamu coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini