Konten Premium

Waduh! RBC Nasre, Reasuransi Cucu BUMN Negatif, Fitch Turunkan Rating

Bisnis.com,18 Nov 2022, 13:11 WIB
Penulis: Anggara Pernando
Karyawan melintasi logo-logo perusahaan asuransi di Kantor Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Jakarta, Selasa (11/02/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu lembaga pemeringkat internasional, Fitch Rating mengumumkan menurunkan peringkat Insurer Financial Strength (IFS) PT Reasuransi Nasional Indonesia (Nasional Re/Nasre) menjadi CC. Peringkat ini turun dari BB-. Saat yang sama, Fitch Rating Indonesia juga menurunkan peringkat IFS Nasre dari A(idn) menjadi CC(idn). 

Dengan sematan peringkat dalam pengumuman bertanggal 17 November 2022, Fitch menyebutkan terdapat dua kemungkinan yang terjadi terhadap para pemegang polis, pertama jika perusahaan masih dapat memenuhi kewajiban, maka peringkat menyiratkan kemungkinan terhentinya pembayaran klaim. Sedangkan untuk IFS nasional, peringkat mencerminkan untuk kewajiban yang sudah terhenti maka kemungkinan pemulihan rendah. 

Penurunan peringkat Nasre oleh Fitch disebabkan ekuitas yang negatif dan tata kelola yang lemah. Ekuitas perusahaan disebutkan mengalami negatif Rp112 miliar per akhir September 2022, berdasarkan laporan keuangan yang diterbitkan Oktober 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini