Apa itu Manajemen? Ini Tujuan, Fungsi, Unsur, Prinsip, dan Contohnya

Bisnis.com,18 Nov 2022, 15:42 WIB
Penulis: Hana Fathina
Ilustrasi Manajemen/freepik

Bisnis.com, SOLO - Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu Management, yang artinya seni melaksanakan dan mengatur. Jadi, manajemen adalah proses perencanaan, perorganisasian, pengarahan dan pengawasan sumber daya manusia dan sumber lainnya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Manajemen bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan ketika kamu mengerjakan tugas, kamu harus membagi waktu dengan baik agar tidak mengambil waktu istirahat, 

Secara umum, manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan seseorang dalam mengatur kegiatan yang dikerjakan individu atau kelompok. Sistem atau manajemen harus dilakukan untuk memenuhi target yang akan dicapai oleh individu atau kelompok tersebut dalam sebuah Kerjasama dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang manajemen yang sudah dilansir dari beberapa sumber: 

1. Fungsi Manajemen 

2. Tujuan Manajemen 

3. Prinsip Manajemen 

4. Contoh Manajemen

Contoh dari manajemen ini seperti suatu organisasi pers memutuskan untuk menata struktur organisasinya dengan beberapa pengurus harian (ketua, bendahara, sekretaris, dan ketua divisi-divisi) dan juga anggota divisi yang mendukung kegiatan organisasi tersebut. 

Itulah beberapa hal tentang manajemen yang mungkin kamu belum ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Restu Wahyuning Asih
Terkini