Pasar Monopoli: Definisi, Ciri-Ciri, Jenis, Dampak dan Contohnya

Bisnis.com,18 Nov 2022, 21:03 WIB
Penulis: Hana Fathina
Contoh pasar monopoli

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar monopoli adalah salah satu bentuk pasar persaingan tidak sempurna. Dalam pasar monopoli biasanya hanya ada produsen yang bisa menetapkan harga-harga produknya. Dikutip dalam The Economics Time, di pasar monopoli faktor seperti lisensi pemerintahan, kepemilikan sumber daya, hak cipta dan paten, hingga biaya awal yang tinggi membuat suatu entitas menjadi penjual tunggal barang. 

Dengan kata lain, semua faktor ini membatasi masuknya penjual lain ke pasar. Pasar monopoli juga memiliki beberapa informasi yang tidak diketahui penjual lain. Karakteristik yang terkait dengan pasar monopoli adalah menjadikan penjual tunggal sebagai pengendali pasar sekaligus sebagai penentu harga. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang pasar monopoli yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Ciri-ciri pasar monopoli

Ciri-ciri pasar monopoli yang satu ini menjadi penyebab utama perusahaan memiliki kekuatan pasar monopoli. Jika ciri-ciri pasar monopoli ini tidak ada, maka banyak perusahaan lain yang masuk ke dalam industri yang sama dan pasar monopoli adalah tidak ada. 

2. Jenis pasar monopoli

3. Kelebihan pasar monopoli

4. Kekurangan pasar monopoli

5. Dampak monopoli

6. Contoh pasar monopoli

Itulah beberapa penjelasan singkat dari pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya ada satu perusahaan saja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini