Permintaan: Jenis, Fungsi, Hukum dan Faktor yang Mempengaruhinya

Bisnis.com,18 Nov 2022, 22:26 WIB
Penulis: Hana Fathina
Jenis-jenis permintaan

Bisnis.com, JAKARTA - Permintaan adalah keinginan untuk mendapatkan sesuatu barang atau jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan adalah barang substitusinya. Selain itu, pengertian permintaan adalah keinginan yang disertai kemampuan untuk membeli barang dan jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu. Harga pasar terbentuk dari bertemunya permintaan dan penawaran. Permintaan adalah salah satu unsur penting membentuk harga keseimbangan. 

Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling memenuhi satu sama lain. Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang permintaan yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Jenis – jenis permintaan

2. Fungsi permintaan

Fungsi permintaan merupakan suatu fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta. Fungsi permintaan memiliki rumus seperti:

P = a – bQ atau Q = a – bP

Q = jumlah barang yang diminta. 

P = harga per unit. 

a = angka konstanta. 

b = koefisien kecenderungan (negative karena hubungan permintaan bersifat berbanding terbalik)

3. Faktor yang mempengaruhi permintaan

Jika pertambahan penduduk diiringi oleh pertambahan dalam kesempatan kerja, maka akan lebih banyak orang-orang yang menerima pendapatan, sehingga daya beli masyarakat akan meningkat. Meningkatnya daya beli masyarakat berarti akan meningkatkan demand terhadap barang dan jasa. 

4. Hukum permintaan

Bunyi hukum permintaan seperti ‘Jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan turun. Sebaliknya, jika harga suatu barang turun, maka jumlah barang yang diminta akan naik’. Contoh hukum permintaan adalah Ketika ada kenaikan selera konsumen akibat tren yang ada, maka hal itu akan memicu kenaikan permintaan. 

5. Kurva permintaan

Berdasarkan hukum permintaan, jumlah permintaan sebuah barang atau jasa akan berbanding terbalik dengan harga barang tersebut yang berarti, kurva permintaan barang tersebut akan bergerak dari kiri atas ke kanan bawah. 

Itulah beberapa hal tentang permintaan yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini