TKDN Innova Zenix Tembus 65 persen, Libatkan 100 Pemasok Lokal

Bisnis.com,21 Nov 2022, 15:50 WIB
Penulis: Anshary Madya Sukma
Menko bidang Perekonomian Airlanggan Hartarto, Menteri Perindustrian Agus G. Kartasasmita, dan Duta Besar Jepang Kanasugi Kenji didampingi CEO of Asia Region for Toyota Motor Corporation (TMC) and President of Toyota Motor Asia Pacific (TMAP) Hao Quoc Tien beserta jajaran direksi Toyota Indonesia saat peluncuran Kijang Innova Zenix/Toyota

Bisnis.com, JAKARTA - Mobil keluaran terbaru PT Toyota Astra Motor (TAM), yaitu Kijang Innova Zenix memiliki konten lokal sebesar 65 persen.

Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam menyampaikan, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Innova generasi ketujuh minimal sebesar 65 persen. Hampir seluruh komponen Innova berteknologi hybrid itu diproduksi secara lokal, termasuk baterai meskipun belum sepenuhnya.

"Engine-nya masih impor, tapi lokal kontennya kami perkirakan 65 persen, karena kita masih me-running engine yang sekarang [TR], dan engine ini masih digunakan di dalam negeri dan ekspor," ujar Bob.

TMMIN memiliki dua pabrik mesin di Indonesia, seperti TR dan NR. Untuk TR berlokasi di Sunter Plant dan R-NR Karawang Plant.

"Kami sekarang punya dua pabrik engine, satu NR dan TR. Nah, untuk mesin TR masih running karena ada model model yang masih menggunakan engine ini," lanjut Bob.

Dalam pengembangan Kijang Innova Zenix, Toyota menyerap sekitar 1.000 tenaga kerja baru. Desain dan mesin Zenix dikembangkan oleh tim global bersama dengan para teknisi Indonesia yang secara aktif dan integral memberikan kontribusi dalam setiap tahap pengembangan, termasuk di lini produksi.

Teknisi lokal yang membidani Kijang Innova Zenix sebanyak 120 orang. Mereka selama ini terlibat dalam pengembangan Innova yang sejak lama telah menyasar ekspor.

Selain itu, pengembangan Kijang Innova Zenix, Toyota Indonesia menggandeng lebih dari 100 rantai pasok lokal lapis pertama selain pemasok lokal lapis kedua dan ketiga.

Bahkan, sebanyak 8 pemasok lokal juga terlibat dalam perakitan baterai Kijang Innova HEV di pabrik Karawang TMMIN.

“Kijang Innova Zenix menjadi bukti peningkatan kemampuan dan kualitas rantai pasok lokal memasuki era elektrifikasi, tanpa harus meninggalkan industri otomotif nasional yang selama ini telah mendukung perekonomian dan neraca dagang Indonesia,” ujar Bob Azam.

Zenix dibekali platform global TNGA (Toyota New Global Architecture) yang memberikan kenyamanan dan kesenangan berkendara serta didukung oleh teknologi keselamatan terkini TSS3 yang terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Alert (LTA), dan Automatic High Beam (AHB), serta Generasi 5 Hybrid System terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Kahfi
Terkini