Kegiatan Ekonomi: Pengertian, Tujuan, Jenis, Hingga Contoh Kegiatan Ekonomi

Bisnis.com,22 Nov 2022, 07:30 WIB
Penulis: Hana Fathina
Kegiatan perekonomian di pasar./ilsutrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kegiatan ekonomi adalah perilaku atau tindakan manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang kegiatan tersebut didasari oleh prinsip-prinsip ekonomi. Disadari atau tidak, hampir setiap aktivitas manusia tidak lepas dari kegiatan ekonomi. Seorang karyawan yang bekerja di kantor melayani pertanyaan customer juga melakukan kegiatan ekonomi. Seorang pengusaha yang membayarkan gaji kepada karyawan yang melakukan kegiatan ekonomi. 

Kegiatan ekonomi sudah berlangsung sejak jaman dahulu. Karena kebutuhan manusia sudah ada sejak manusia baru lahir di bumi ini. Di zaman pra sejarah, kegiatan ekonomi berupa berburu, bercocok tanam, menebang pohon di hutan, dan beternak. Seiring dengan berkembangnya zaman, kegiatan ekonomi bervariasi menjadi banyak. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang kegiatan ekonomi yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Tujuan kegiatan ekonomi

2. Jenis kegiatan ekonomi

Tujuan dari produksi sebagai jenis kegiatan ekonomi adalah untuk mencari profit dari usahanya menjual barang yang diperlukan masyarakat. Contoh kegiatan ekonomi produksi adalah pabrik pembuatan minuman es teh dalam sachet, pabrik baju renang dan lain-lain. 

3. Contoh kegiatan ekonomi

Itulah beberapa penjelasan sekitar kegiatan ekonomi dan juga contoh kegiatan ekonomi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini