Apa itu Sistem Ekonomi? Ini Fungsi, Jenis, dan Ciri-Cirinya

Bisnis.com,22 Nov 2022, 07:18 WIB
Penulis: Hana Fathina
Sistem ekonomi yang ada di dunia/Unsplash

Bisnis.com, JAKARTA - Sistem ekonomi adalah seluruh tata cara yang digunakan dalam mengkoordinasikan perilaku masyarakat mencakup produsen, konsumen, pemerintah bank dan yang lainnya dalam menjalankan kegiatan ekonomi baik dalam hal produksi, konsumsi, distribusi ataupun investasi secara terintegrasi membentuk satu kesatuan utuh teratur dan dinamis sehingga mampu menghindari kekacauan di bidang ekonomi. 

Dalam suatu negara adanya sistem ekonomi sangat penting karena berfungsi sebagai pendorong sistem produksi. Selain itu, sistem ekonomi juga berfungsi untuk menciptakan suatu mekanisme agar proses distribusi barang dan jasa berjalan dengan baik. Dengan kata lain, tanpa adanya sistem ekonomi yang baik, maka pertumbuhan ekonomi bisa terjaga dengan baik juga. 

Berikut ini beberapa hal tentang sistem ekonomi yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Jenis-jenis sistem ekonomi

Cara transaksi yang digunakan dengan cara bertukar barang sebab hasil dari alam dan tenaga manusia adalah modal utama di masyarakat saat itu. Dalam sistem ekonomi tradisional pemerintah tidak berhubungan langsung dalam aktivitas ekonomi. Ia hanya berperan sebagai penjaga ketertiban. Tujuan utama sistem ekonomi ini sendiri hanya sampai kepada kebutuhan sehari-hari masyarakatnya yang terpenuhi bukan mencari keuntungan. 

Pemerintah berperan dalam memberikan Batasan dan bisa melakukan investasi, pemerintah membuat perencanaan, peraturan dan kebijakan yang berkaitan dengan ekonomi. Persaingan kemudian terjadi di pasar dalam batas yang wajar dan bersih dimana pemerintah ikut melakukan pengawasan. 

2. Ciri-ciri sistem ekonomi

3. Fungsi sistem ekonomi

Itulah beberapa hal tentang sistem ekonomi yang mungkin kalian belum ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini