Pengangguran: Jenis, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Bisnis.com,23 Nov 2022, 21:28 WIB
Penulis: Hana Fathina
Pengangguran/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Tuna karya atau dikenal dengan pengangguran adalah istilah yang diberikan kepada orang yang tidak bekerja sama sekali atau orang yang sedang mencari pekerjaan. Pengangguran juga bisa diartikan sebagai situasi Ketika seseorang tidak memiliki pekerjaan. Pengangguran merupakan golongan dari Angkatan kerja yang belum melakukan kegiatan yang bisa menghasilkan uang. 

Pengangguran ini tidak terbatas pada orang yang belum bekerja. Tetapi bisa termasuk juga orang-orang yang sedang mencari pekerjaan dan juga orang yang memiliki pekerjaan tetapi tidak produktif, sehingga bisa dikatakan sebagai pengangguran. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang pengangguran yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Dampak pengangguran

Beberapa Tindakan seperti pencurian, penipuan, penjambretan, perampokan hingga pembunuhan tidak sedikit yang disebabkan oleh faktor ekonomi. Hal ini paling sering terjadi kepada anak dan remaja yang ada di sekitar pelaku. 

2. Jenis-jenis pengangguran

3. Penyebab pengangguran

4. Cara mengatasi pengangguran

Debirokrasi adalah perubahan struktur aparat pemerintah yang menangani bidang-bidang tertentu. Debirokrasi umumnya ke arah penyederhanaan jumlah pegawai atau Lembaga pemerintah yang menangani sebuah urusan tertentu. 

5. Jumlah pengangguran di Indonesia

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa jumlah pengangguran di Indonesia pada Februari 2022 adalah sebesar 8,40 juta penduduk. Dibandingkan jumlah pada Februari tahun lalu, maka angkanya menurun sekitar 350 ribu lebih orang. Sedangkan jika dibandingkan jumlah pada Agustus tahun lalu, penurunannya sekitar 700 ribu orang. Sehingga tingkat pengangguran terbuka Indonesia pada Februari 2022 adalah sebesar 5,83 persen. Dibandingkan tahun lalu, maka persentasenya menurun. 


Itulah informasi tentang pengertian, pengangguran, jenis, dampak hingga jumlah pengangguran di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini