Apa Itu Neraca Saldo? Berikut Ini Beberapa Penjelasannya 

Bisnis.com,26 Nov 2022, 08:00 WIB
Penulis: Hana Fathina
Neraca saldo/Unsplash

Bisnis.com, JAKARTA - Neraca saldo adalah kegiatan pencatatan pada setiap transaksi negara yang meliputi laporan penjualan, biaya, hutang piutang dan lain sebagainya. Dikutip dari accounting tools neraca saldo merupakan laporan akuntansi yang mencantumkan saldo akhir di setiap akun buku besar. 

Ini berarti bahwa setiap dalam neraca saldo menyajikan total untuk setiap akun aset, kewajiban, pendapatan, ekuitas, beban, kerugian dan keuntungan. Sederhananya, pengertian neraca saldo adalah bagian dari laporan keuangan yang mencantumkan setiap saldo pada akun buku besar akuntansi

Berikut ini adalah beberapa hal tentang neraca saldo yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Jenis neraca saldo

2. Fungsi neraca saldo

3. Neraca saldo perusahaan dagang

Neraca saldo perusahaan dagang merupakan laporan yang disusun secara sistematis mengenai semua transaksi dalam laporan keuangan perusahaan dagang. Perusahaan dagang membutuhkan tahapan ini dalam laporan keuangan yang berguna untuk mengetahui laba dan rugi, dan pemasukan serta pengeluaran dari perusahaan dalam periode waktu tertentu.

4. Cara membuat saldo neraca perusahaan dagang

5. Perbedaan neraca saldo dan neraca

Ada banyak perbedaan neraca saldo dan neraca. Seperti, neraca saldo merupakan laporan internal yang berada di dalam departemen akuntansi, sedangkan neraca adalah laporan keuangan yang didistribusikan ke departemen lain dan sering di luar perusahaan kepada investor dan pemberi pinjaman. 

6. Contoh neraca saldo

Sumber: Harmony Accounting

Itulah beberapa hal tentang neraca saldo yang mungkin baru kamu pahami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini