Toxic Masculinity: Ciri-ciri, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Bisnis.com,29 Nov 2022, 08:26 WIB
Penulis: Hana Fathina
Toxic masculinity/Pixabay

Bisnis.com, JAKARTA - Toxic masculinity adalah perilaku terkait peran gender dan sifat laki-laki. Dalam toxic masculinity ini, definisi maskulinitas yang lekat sebagai sifat pria identik dengan kekerasan, agresif secara seksual dan tidak boleh menunjukkan emosi. 

Sebuah studi yang terdapat pada Journal of Psychology mengartikan toxic masculinity adalah kumpulan sifat maskulin dalam konstruksi sosial yang difungsikan untuk mendorong dominasi, kekerasan, homophobia dan perendahan terhadap perempuan. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang toxic masculinity yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Ciri-ciri toxic masculinity

Jadi jika ada sesama teman lelaki yang menangis, ia pasti akan mengejek dan mengatakan jika laki-laki tidak seharusnya menangis.

2. Contoh toxic masculinity

Kekerasan bisa terjadi tanpa memandang gender dan tidak bisa dianggap wajar. Kekerasan merupakan Tindakan yang tidak tepat secara moral dan sangat tidak dianjurkan dalam menyelesaikan sebuah masalah.

3. Dampak toxic masculinity

Hal ini disebabkan anggapan bahwa laki-laki Tangguh tidak mungkin bergumul dengan emosi yang justru membuat laki-laki berisiko menghadapi masalah kesehatan mental yang tidak ditangani. Itu sebabnya, ketakutan akan terlihat lemas justru membuat laki-laki memilih diam dalam menghadapi penderitaan. 

4. Cara mengatasi toxic masculinity

5. Penyebab toxic masculinity

Itulah beberapa hal tentang toxic masculinity yang mungkin baru kamu tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini