Konten Premium

Efek Negatif Zero Covid China untuk Batu Bara dan CPO

Bisnis.com,29 Nov 2022, 11:55 WIB
Penulis: Mutiara Nabila & Yustinus Andri
Para pekerja Tiongkok hilir mudik saat asap mengepul dari pembangkit listrik tenaga batu bara di Shanxi.Kevin Frayer / Bloomberg/Getty Images. Efek Negatif Zero Covid China untuk Batu Bara dan CPO

Bisnis.com, JAKARTA – Kebijakan Zero Covid yang terus dilakukan China hingga saat ini, berpeluang memberikan sentimen negatif bagi permintaan dan pergerakan harga batu bara dan minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO).

Seperti diketahui, China merupakan salah satu negara konsumen batu bara dan CPO terbesar di dunia. Sementara itu kebijakan Zero Covid tampaknya belum akan dilonggarkan oleh Pemerintah China dalam waktu dekat. Apalagi kasus penyebaran Covid-19 di negara tersebut kembali mencatatkan kenaikan.

Adapun, pola konsumsi dan penggunaan batu bara di China akan sangat bergantung pada permintaan listrik untuk sektor industri. Dalam hal ini permintaan listrik industri berpeluang menurun, jika kebijakan pengendalian penularan Covid-19 super ketat tersebut dilanjutkan, dan membatasi aktivitas pabrik-pabrik di negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yustinus Andri DP
Terkini