Gaslighting: Ciri-ciri, Penyebab, Contoh, dan Cara Mengadapinya

Bisnis.com,30 Nov 2022, 18:30 WIB
Penulis: Hana Fathina
Ilustrasi gaslighthing/Freepik

Bisnis.com, SOLO - Gaslighting adalah salah satu bentuk sikap manipulasi yang sering terjadi dalam hubungan tidak sehat atau abusive relationship. Dikutip dari Berkeley Science Review, bahwa gaslighting adalah jenis kekerasan emosional yang berbahaya dan terkadang terselubung yang artinya pelaku membuat target mempertanyakan penilaian dan kenyataan diri sendiri. Akhirnya korban gaslighting mulai tidak percaya dengan dirinya sendiri.

Gaslighting juga bisa disebut sebagai cara di mana seseorang memiliki tujuan untuk mendapatkan lebih banyak kekuatan dan membuat korban mempertanyakan realitas yang ada. Siapa pun bisa mudah terkena gaslighting. Tindakan ini adalah Teknik umum para pelaku kekerasan, narsistik, hingga pemimpin sekte.

Berikut ini adalah beberapa hal tentang gaslighting yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Ciri-ciri gaslighting

2. Penyebab gaslighting

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang memiliki kecenderungan gaslighting, namun secara ilmu psikolog ini dikategorikan sebagai kelainan psikologis yang disebut dengan gangguan kepribadian narsistik.

Orang dengan kepribadian narsistik menjadikan diri mereka sendiri sebagai fokus utama di mana mereka merasa penting bagi orang lain dan akan menuntut banyak jika mereka tidak diperhatikan, tidak dianggap benar, dan tidak mendapat atensi.

3. Cara menghadapi gaslighting

4. Contoh gaslighting

Itulah beberapa hal tentang gaslighting yang mungkin kamu baru tahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Restu Wahyuning Asih
Terkini