Apa itu Ekuitas? Ini Unsur, Jenis, Contoh dan Rumusnya

Bisnis.com,30 Nov 2022, 15:44 WIB
Penulis: Hana Fathina
Ekuitas/Freepik

Bisnis.com, SOLO - Ekuitas adalah jumlah hak atau aset yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk melakukan operasinya. Hal ini berarti bahwa aset tersebut sudah dialihkan untuk disimpan sehubungan dengan kewajibannya. Dua kewajiban yang harus dibayar oleh modal ekuitas adalah kewajiban dan beban. Hal tambahan yang harus diingat adalah bahwa ekuitas selalu dikaitkan dengan aset dan kewajiban.

Arti lain dari ekuitas adalah investasi yang ditanamkan pada perusahaan. Tentu saja, jumlah ekuitas ini bisa berkurang jika pemegang ekuitas mengambil alih aset. Ekuitas juga bisa dikurangi karena alasan lain, seperti kerugian yang ditanggung oleh perusahaan. Hal inilah sebabnya mengapa harus ditekankan bahwa baik biaya ekuitas ataupun biaya modal tidak selalu positif.

Berikut ini adalah beberapa hal ekuitas yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Unsur ekuitas

2. Jenis ekuitas

3. Tujuan ekuitas

Selain untuk melihat beberapa besar aset yang ada, ekuitas bertujuan untuk mengetahui bagian dari hak pemilik yang ada di dalam perusahaan. Bagian dari hak ini akan menjadi sesuatu yang wajib dilaporkan.

Nilai ekuitas ini akan bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas tentang sumber dana dari perusahaan tersebut. Laporan ini juga harus tersaji sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku dan sesuai dengan akta pendirian yang ada.

4. Rumus ekuitas

Ekuitas adalah hak investor dalam aset atau harta dalam sebuah perusahaan. Hak tersebut
Bisa diambil oleh pemilik jika perusahaan sudah menyelesaikan kewajiban hutang dan lainnya. Ekuitas pemilik bisa dihitung dengan mengurangi kewajiban dari nilai aset. Dengan kata lain, kamu bisa gunakan persamaan berikut:

Ekuitas pemilik = aset – kewajiban

Contohnya seperti, jika investor memiliki rumah seharga Rp500.000.000 tetapi juga berhutang Rp300.000.000 untuk pinjaman terhadap rumah itu. Rumah tersebut mewakili Rp200.000.000 dari ekuitas. Namun, jika harga meningkat, bisa dikatakan bahwa ekuitas juga akan meningkat.

5. Contoh ekuitas

Itulah beberapa hal tentang ekuitas yang perlu kamu ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Restu Wahyuning Asih
Terkini