Pengertian Distributor: Fungsi, Tugas, Jenis, dan Contohnya

Bisnis.com,01 Des 2022, 05:00 WIB
Penulis: Hana Fathina
Distributor/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Distributor adalah pihak yang melakukan aktivitas menyampaikan barang dan jasa milik produsen, hingga berhasil tiba di tangan konsumen yang bentuknya bisa perorangan atau perusahaan atau badan usaha. Proses distribusi cukup Panjang karena terkadang distributor barang tidak benar-benar langsung mengirimkan barang dan jasa ke konsumen. 

Perusahaan atau produsen di Indonesia, sangat membutuhkan peran distributor untuk mengirimkan produk-produknya ke seluruh daerah. Dilakukan terutama oleh perusahaan yang memiliki konsumen di seluruh Indonesia. 

Kegiatan ini membutuhkan strategi khusus karena menyalurkan barang ke konsumen dalam bentuk yang masih utuh itu bukan pekerjaan yang gampang. Distribusi juga bukan kegiatan yang murah. Banyak perusahaan yang tidak memiliki tim distributor barang, sehingga mengandalkan perusahaan distributor untuk kegiatan distribusinya. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang distributor yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Fungsi distributor

2. Tugas distributor

3. Jenis distributor

4. Contoh distributor

Contoh distributor dengan skala perusahaan antara lain PT Oscar Tunastama (distributor lampu outdoor atau indoor), PT Sahabat Ana Group (distributor material konstruksi). 

5. Perbedaan distributor dengan agen, supplier dan reseller

Supplier adalah pihak perorangan atau perusahaan yang memasok atau menjual bahan mentah ke pihak lain, baik itu ke distributor atau pelanggan agar bisa diolah menjadi produk barang atau jasa yang siap pakai. 

Sementara reseller adalah sebuah kelompok atau individu yang membeli barang untuk dijual kembali untuk memperoleh keuntungan dari hasil penjualan tersebut. Sedangkan agen adalah penjual suatu produk atas nama suatu perusahaan dengan wilayah penjualan yang lebih sempit. 

Itulah beberapa hal tentang distributor yang mungkin baru kamu tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini