Survei Indikator: Ganjar Paling Tak Populer tapi Paling Disukai

Bisnis.com,01 Des 2022, 18:11 WIB
Penulis: Surya Dua Artha Simanjuntak
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mengunggah fotonya berambut hitam di media sosial pada Minggu (27/11/2022). JIBI/Bisnis-Nancy Junita @ganjar_pranowo

Bisnis.com, JAKARTA – Survei terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan Ganjar Pranowo bakal calon presiden (capres) paling tak populer dibanding Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Tapi, dia paling disukai dibanding Prabowo maupun Anies.

Ketika responden ditanya apakah tahu (pernah dengar, baca, lihat) sosok Ganjar, hanya 76 persen yang mengaku tahu. Sedangkan untuk Prabowo, 96 persen atau hampir semua responden mengaku tahu.

Begitu juga dengan sosok Anies, yang 89 persen responden mengaku tahu.

“Orang lebih kenal Pak Prabowo ketimbang terhadap Ganjar atau terhadap Anies. Antara Anies dan Pak Ganjar, orang lebih kenal Anies ketimbang Ganjar,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat pemaparan hasil survei secara daring, Kamis (1/12/2022).

Namun, tingkat pengenalan tersebut berbanding terbalik dengan tingkat kesukaan responden. Dari yang tahu Ganjar, 87 persen di antaranya mengaku suka.

Sementara itu, dari yang mengaku tahu Anies, 81 persen di antaranya yang mengaku suka. Untuk yang mengaku tahu Prabowo, 79 persen di antaranya yang mengaku suka.

Artinya, Ganjar jadi sosok yang paling disukai dibanding Anies dan Prabowo. Meski begitu, Ganjar jadi yang paling tak dikenal dibanding Prabowo dan Anies.

Survei Indikator ini diselenggarakan pada 30 Oktober hingga 5 November 2022 dengan jumlah sampel 1.220 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Sampel dipilih menggunakan teknik multistage random sampling, dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini