Prediksi Skor Kroasia vs Belgia, Saling Jegal untuk Lolos ke-16 Besar Piala Dunia

Bisnis.com,01 Des 2022, 09:55 WIB
Penulis: Fahmi Ahmad Burhan
Para pemain Kroasia bersukacita selepas menjebol gawang Skotlandia dalam pertandingan Grup D Euro 2020./UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kroasia akan menghadapi Belgia pada pertandingan terakhir Grup F Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Ahmad bin Ali Stadium, Qatar pukul 22.00 WIB, Kamis (1/12/2022).

Keduanya akan saling jegal untuk mendapatkan tiket 16 besar Piala Dunia 2022. Saat ini Kroasia memang memimpin Grup F dengan raihan poin 4. Posisinya itu membuat Kroasia lebih berpeluang lolos ke fase 16 besar dibandingkan Belgia.

Kroasia cukup hanya bermain imbang melawan Belgia jika ingin mengamankan kunci lolos ke 16 besar. Namun, jika kalah dari Belgia, nasib Kroasia akan bergantung pada laga lain di Grup F antara Maroko vs Kanada. Apabila Maroko menang dan Kroasia kalah, maka Kroasia tersingkir.

Sementara bagi Belgia, laga melawan Kroasia adalah laga hidup mati. Jika gagal menang, maka otomatis Belgia tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Jelang pertandingan melawan Kroasia, Belgia menghadapi gangguan rumor yang beredar terkait perselisihan antar pemain senior di tubuh tim berjuluk Setan Merah itu.

Hal ini bermula dari komentar gelandang andalan mereka Kevin De Bruyne setelah kalah melawan Maroko. De Bruyne mengatakan bahwa Timnas Belgia tidak punya peluang lagi menjuarai piala dunia karena skuat mereka diisi pemain-pemain tua.

Pelatih Timnas Belgia Roberto Martinez membantah adanya keretakan di tubuh timnya. Ia juga menyalahkan media yang terlalu banyak menyoroti berita negatif Belgia.

"Mungkin ada lebih banyak keinginan untuk menemukan berita negatif tentang tim daripada menikmati generasi talenta terbaik yang pernah kami miliki di sepak bola Belgia," ujarnya dikutip dari BBC Internasional pada Kamis (1/12/2022).

Sementara, Pelatih Timnas Kroasia Zlatko Dalic mengatakan tidak akan terpengaruh oleh rumor di tim lawan.

"Kami tidak akan tertipu oleh cerita dan rumor media. Kami tetap mengharapkan yang terbaik dari Belgia, tim hebat dengan pemain luar biasa. Kami tidak boleh santai. [Martinez] adalah pelatih hebat dan akan tahu bagaimana cara menyakiti Kroasia," ungkapnya.

Sementara itu, Kroasia dirugikan dengan absennya salah satu pilar andalan mereka Ivan Perisic karena cedera. Namun, Kroasia mempunyai pengganti sepadan pada Mislav Orsic. Ia telah tampil moncer bermasa klubnya Dinamo Zagreb dengan mengemas 13 gol dari 27 laga di semua ajang.

Selain itu, Kroasia masih akan mengandalkan kemampuan lini tengahnya yang dihuni pemain top, seperti Luca Modric, Marcelo Brozovic, hingga Mateo Kovacic.

Belgia sendiri akan tampil dengan kekuatan penuh. Di lini serang, gelandang kreatif Kevin De Bruyne masih jadi andalan. Sementara, di lini pertahanan, Belgia masih mengandalkan bek berpengalaman seperti Jan Vertonghen dan Tobi Alderweireld.

Prediksi Susunan Pemain

Kroasia (4-3-3)

Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Luca Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Nikola Vlasic, Mislav Orsic, Andrej Kramaric.

Belgia (3-4-2-1)

Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Tobi Alderweireld, Timothy Castagne; Thomas Meunier, Youri Tielemans, Axel Witsel, Leandro Trossard; Kevin De Bruyne, Eden Hazard; Romelu Lukaku.

Statistik

- Korasia saat ini berada di peringkat ke 12 FIFA, sementara Belgia berada peringkat ke 2.

- Kedua tim sudah 6 kali bertemu, yakni di ajang kualifikasi piala dunia, kualifikasi Euro, dan pertandingan persahabatan.

- Selama enam kali bertemu, Belgia berhasil meraih 3 kali kemenangan melawan Kroasia dan sekali imbang.

- Kroasia berhasil meraih 2 kali kemenangan selama melawan Belgia.

Prediksi Skor

Prediksi skor akhir pertandingan menurut WhoScored, Kroasia 2-1 Belgia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini