Eri Cahyadi Siapkan 140 Kuota Anak Disabilitas Bekerja di Pemkot Surabaya

Bisnis.com,02 Des 2022, 23:33 WIB
Penulis: Peni Widarti
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menghadiri peringatan Hari Disabilitas Internasional di Convention Hall Surabaya, Jumat (2/12/2022). Dok. Pemkot Surabaya

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya akan menyiapkan sebanyak 140 kuota rekrutmen untuk anak penyandang disabilitas agar dapat bekerja di Pemkot Surabaya tahun depan.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan anak-anak disabilitas menjadi perhatian Pemkot Surabaya lantaran mereka juga memiliki hak yang sama dengan anak lainnya di Surabaya, baik hak dalam pendidikan, pekerjaan dan semua hal.

“Saya tidak ingin ada perbedaan antara disabilitas dan bukan, karena setiap manusia itu lahir pasti punya kelebihan, dan setiap manusia itu pasti juga punya kekurangan. Nah, kelebihan dan kekurangan inilah yang akan kita jadikan satu untuk saling menutupi satu dengan yang lainnya, tentu dengan cara guyup rukun sehingga menjadi kekuatan besar,” katanya dalam rilis, Jumat (2/12/2022).

Untuk itu, Eri meminta setiap Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkot Surabaya harus merekrut 2 anak disabilitas. Jika terdapat 70 PD maka nanti ada sebanyak 140 orang yang bisa bekerja di Pemkot Surabaya dan menjadi bagian di Pemkot Surabaya.

“Namun, mereka ini tentu harus warga Surabaya dan harus dicek dan dites untuk mengetahui kemampuan mereka di posisi apa. Insyaallah ini akan kita jalankan di tahun depan,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, pada saat Hari Ibu 22 Desember nanti, Pemkot Surabaya akan menggelar sebuah acara khusus disabilitas di Taman Surya halaman Balai Kota Surabaya.

“Nanti dalam acara itu saya juga ingin mengajak anak-anak disabilitas itu untuk masuk dan melihat-lihat kantor dan ruangan Wali Kota Surabaya, karena mereka ini juga punya hak dan cita-cita yang sama dengan yang lainnya,” katanya.

Eri menambahkan, pihaknya juga berencana membuka Taman Surya untuk warga umum setiap pukul 18.00 - 21.00 WIb, mulai akhir tahun nanti.

“Jadi, warga bisa masuk ke taman dan lingkungan Balai Kota. Saya berharap Balai Kota Surabaya itu menjadi rumah rakyat, bukan menjadi milik pemerintah kota saja,” imbuh Eri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Feni Freycinetia Fitriani
Terkini