Apa itu Demokrasi? Ini Sejarah, Prinsip, Jenis, dan Contohnya

Bisnis.com,02 Des 2022, 08:42 WIB
Penulis: Hana Fathina
Demokrasi/freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Demokrasi sendiri berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata Demos yang berarti “rakyat” dan kratos yang berarti ‘pemerintahan”. Secara umum, demokrasi bisa diartikan sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, demokrasi adalah sebagai bentuk atau sistem pemerintahan yang seluruh rakyatnya ikut serta memerintah dengan perantara wakilnya. Demokrasi adalah bentuk atau sistem pemerintahan yang dimana, di dalamnya mengizinkan dan memberikan warga negaranya kebebasan untuk berpendapat dan berpartisipasi dalam pembuatan hukum.

Berikut ini adalah beberapa hal tentang demokrasi yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Sejarah demokrasi

Gagasan demokrasi sebagai sistem pemerintahan berasal dari kebudayaan Yunani. Dengan sistem tersebut rakyat akan terlibat langsung dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan keberlangsungan sebuah negara.

Seluruh masalah kenegaraan harus dibicarakan langsung dengan rakyatnya. Demokrasi murni atau demokrasi langsung adalah sistem yang diusung di zaman tersebut. Ribuan tahun kemudian, pada abad ke-6 SM, bentuk pemerintahan yang relatif demokratis diperkenalkan di negara-negara bagian Athena oleh Cleisthenes pada 508 sebelum masehi.

Kondisi tersebut membuat Cleisthenes yang dikenal dengan panggilan bapak demokrasi Athena. Saat itu, Athena menganut demokrasi langsung dan memiliki dua ciri utama, yaitu pemilihan warga secara acak untuk mengisi jabatan administratif dan yudisial di pemerintahan dan juga majelis legislatif yang terdiri dari semua warga Athena.

Pada saat memasuki abad pertengahan (6 – 15 M) di Eropa Barat, gagasan tersebut tidak bisa digunakan lagi, ada banyak sistem dimana pemilihan tetap dilakukan meskipun hanya beberapa orang yang bisa bergabung.

Parlemen Inggris sendiri dimulai dari Magna Carta, sebuah dokumen yang menunjukkan bahwa kekuasaan Raja terbatas dan melindungi hak-hak tertentu rakyat. Parlemen terpilih pertama adalah Parlemen De Montfort di Inggris pada 1265. Tetapi hanya beberapa orang yang benar-benar bisa bergabung karena parlemen dipilih oleh beberapa orang saja.

2. Prinsip demokrasi

3. Jenis demokrasi

Menurut UUD 1945, seorang presiden memiliki kesempatan untuk bertahan sekurang-kurangnya lima tahun. Namun, menurut ketetapan MPRS No. III/1963 yang mengangkat Ir. Soekarno sebagai presiden seumur hidup sudah membatalkan pembatasan waktu tersebut. Diketahui berakhirnya pemerintahan Soekarno menjadi akhir dari berlakunya demokrasi terpimpin di Indonesia.

4. Manfaat demokrasi

5. Contoh demokrasi

6. Negara demokrasi di dunia

Itulah beberapa hal tentang demokrasi yang harus kamu ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini