BWF World Tour Finals 2022: Sukses Revans, Apri/Fadia Tekuk Ganda Malaysia di Laga Pembuka

Bisnis.com,07 Des 2022, 13:10 WIB
Penulis: Akbar Evandio
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menang atas pasangan Malaysia di BWF World Tour Finals 2022.

Bisnis.com, JAKARTA – Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berhasil meraih kemenangan pertama dalam pertandingan pembuka BWF World Tour Finals 2022 di Bangkok, Rabu (7/12/2022) dengan straight gim 23-21 dan 21-19.

Berlaga di di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, ganda putri Indonesia ini berhasil merebut gim pertama atas pasangan asal Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Pada skor 16-16, smash tajam Apriyani yang mengarah ke Thinaah membuat keadaan menjadi unggul untuk Indonesia dengan 17-16, tetapi dua smash Apriyani yang membentur net dan melebar ke pojok lapangan membuat pasangan asal Malaysia berbalik ungul 17-18

Meski begitu, dalam poin kritis pukulan Pearly Tan terus mengalami eror hingga menyangkut di net sehingga kedudukan menjadi 21-20, tak ingin melepas momentum Fadia pun mengarahkan pukulannya ke Tan dan membuat skor menjadi 22-21.

Alhasil, pukulan silang Pearly Tan harus terhenti karena membentur net sehingga Indonesia berhasil mengamankan gim pertama dengan skor 23-21

Berlaga di gim kedua, tiga poin langsung berhasil diamankan oleh Tan/Thinaah, tetapi aksi gempuran smash oleh Apri/Fadia berhasil membuat kedudukan menjadi imbang 3-3.

Tampak Apri/Fadia terlihat bermain lebih nyaman di gim kedua. Bahkan, keduanya beberapa kali unggul poin hingga mengamankan interval pertama 11-9.

Selepas turun minum, dua poin berhasil diraih setelah mendaratkan pukulan yang bertubi ke Pearly Tan sehingga kedudukan menjadi 13-10. Namun, Tan pun membalas dua poin tersebut dengan terus mengarahkan smash tajam ke Fadia yang membuat skor menjadi 13-12.

Kejar-mengejar poin terjadi di poin 19-18, tetapi ketenangan bermain ditunjukan oleh Apriyani Rahayu yang berhasil membuat poin menjadi 20-18 dan akhirnya smash menyilang Fadia menutup gim kedua dengan skor 21-19.

Sekadar informasi, laga hari ini sekaligus menjadi pengulangan persaingan pada babak pertama French Open 2022 pada Oktober, di mana Apri/Fadia harus mengakui keunggulan pasangan Malaysia itu dengan skor 20-22, 21-19, 7-21.

Berdasarkan catatan pertandingan Federasi Badminton Dunia (BWF) dalam laman resminya, sejauh ini ganda putri asal Malaysia ini unggul dengan dua kemenangan atas Apri/Fadia dalam tiga pertemuan terakhir.

Pasangan Apri/Fadia memenangi pertemuan perdana yang terjadi di Indonesia Masters 2022, tetapi dua kali menelan kekalahan beruntun pada Malaysia Masters dan French Open.

Untuk diketahui, Apri/Fadia berada di grup B bersama lawan-lawan yang sedang berada di tren positif, Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China), Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) dan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Sementara di grup A dihuni Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (Korea), Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand), Vivian Hoo/Lim Chiew Sien (Malaysia) dan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand).

Berikut jadwal pertandingan pertama Skuad Merah Putih pada BWF World Tour Finals 2022, Rabu, yang dimulai pukul 11.00 WIB:

Tunggal putri
- Gregoria Mariska Tunjung vs Chen Yu Fei (China)

Tunggal putra
- Anthony Sinisuka Ginting vs Jonatan Christie

Ganda putri
- Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (Malaysia)

Ganda putra
- Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Choi Sol-Gyu/Kim Won Ho (Korea Selatan)
- Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia)

Ganda campuran
- Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai (Malaysia).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hesti Puji Lestari
Terkini