Resepsi Kaesang-Erina: Pesta Rakyat, Birokrat Hingga Konglomerat

Bisnis.com,12 Des 2022, 12:08 WIB
Penulis: Setyo Aji Harjanto
Resepsi malam pernikahan Kaesang dan Erina di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah./ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Rangkaian pesta pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono menyita perhatian publik. Acara berlangsung cukup meriah di dua kota yang selama ini mendapat predikat sebagai pusat kebudayaan monarki Jawa yakni Yogyakarta dan Surakarta.

"Bersatunya trah Mataram, Yogyakarta dan Surakarta," ucap Pranoto Coro atau pembawa acara pernikahan Kaesang dan Erina Wigung Wratsangka Pendopo Ambarukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022) kemarin.

Kaesang adalah putra dari Presiden Jokowi yang kebetulan berasal dari Surakarta atau Solo. Surakarta adalah bekas wilayah  vorstenlanden atau praja kejawen yang dulu diperintah oleh Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Sedangkan Erina Gudono merupakan putri asal Yogyakarta, kawasan tradisional yang saat ini menjadi bagian dari Indonesia dengan status daerah istimewa.

Surakarta dan Yogyakarta sejatinya memiliki asal usul yang sama. Kedua daerah ini merupakan penerus kekuasaan trah atau wangsa Mataram Islam. Mataram pecah karena terjadinya perebutan kekuasaan di internal elite kerajaan itu.

Pangeran Mangkubumi, Raden Mas Said, dua elite Mataram Islam memberontak terhadap kekuasaan Pakubuwono II yang didukung VOC. Mereka semula membangun aliansi untuk memerangi Surakarta. Namun pada 13 Februari 1755, kongsi keduanya pecah. Mangkubumi memutuskan untuk duduk di meja perundingan dengan pengganti Pakubuwono II yakni Pakubuwono III plus VOC.

Sebagai kompensasinya, Mangkubumi berhak atas sebagian wilayah Mataram. Wilayah kekuasaan yang kemudian diturunkan kepada penerusnya saat ini dikenal sebagai Ngayogyakarta Hadiningrat. Sedangkan sisa wilayah Mataram lainnya tetap dibawah penguasaan Pakubuwono III yang masih berjibaku menghadapi perlawanan dari Raden Mas Said (Mangkunegara I). 

Kelak wilayah Surakarta kembali dibagi menjadi 2 bagian, yakni Kasunanan Surakarta dan Kadipaten Mangkunegara dengan pusatnya Pura Mangkunegaran. Pura Mangkunegaran adalah tempat yang dipilih oleh keluarga Joko Widodo atau Jokowi untuk menggelar acara ngunduh mantu dan menggelar resepsi pernikahan.

Laiknya kerajaan, pesta atau hajatan pernikahan Kaesang berlangsung meriah. Pesta digelar dengan dua cara. Ijab kabul di Yogyakarta menggunakan model atau tata cara (gagrak) Yogyakarta. Sementara itu acara ngunduh mantu menggunakan adat istiadat Surakarta.

Menariknya, saat resepsi yang berlangsung malam tadi, Kaesang mengenakan penutup kepala khas Mataram. Dalam bahasa Jawa Tengahan, dikenal sebagai sebagai kuluk Mataraman. Kuluk atau penutup kepala ini merupakan mahkota raja atau sultan Mataram Islam. Sekilas kuluk yang dikenakan kaesang juga mirip Sultan Agung Hanyokrokusumo, raja ketiga wangsa Mataram Islam.

Pesta Rakyat 

Warga Solo dan sekitarnya cukup antusias menyambut acara Tasyakuran Pernikahan Kaesang dengan Erina Gundono. Di Surakarta warga memadati Jalan Slamet Riyadi atau rute kirab ngunduh mantu yang berangkat dari Lodji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran.

Warga diketahui mendapatkan sajian kuliner setelah antre selama 2, 5 jam di sudut Stadion Sriwedari, Solo, Minggu (12/11/2022).

Salah satunya Yulia, 27, yang berangkat dari Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo ke Jl Slamet Riyadi, pukul 05.00 WIB. Keduanya sempat jalan-jalan sebelum antre di tenda sajian makanan dari Kaesang Pangarep untuk warga pukul 06.00 WIB.

Sejumlah brand tertulis pada tenda-tenda itu, yakni PT Panca Mitra Multi Perdana, Sorghum Foods, Asinan Legenda, Mangkokku, Tays Bakers (Trick Potato Crispy), Let’s Toast, Yang Ayam, dan Sang Pisang.

Tenda-tenda itu dipisahkan menjadi dua lokasi, yakni tenda khusus makanan dan tenda khusus minuman. Setiap tenda dilayani sekitar empat karyawan.

Para pramusaji sudah bersiaga sejak pukul 03.00 WIB. Sementara makanan dan minuman bisa diambil ketika bersamaan dengan kirab pernikahan Kaesang dengan Erina Sofia Gudono dari Loji Gandrung sampai Pura Mangkunegaran.

Yulia mengatakan antusias hadir pada pesta pernikahan supaya bisa melihat Kaesang dengan Erina secara langsung. Selain itu, kabar mengenai pesta rakyat dengan makanan gratis menjadi daya tarik lainnya.

“Secara umum senang namun kurang kondusif antreannya. Uyuk-uyukan banget. Antre 2,5 jam, begitu dapat langsung mundur,” kata Yulia. Yulia mengambil sajian minuman.

Antre selama sekitar 2,5 jam juga dialami mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Maharani, 21. Dia datang sendiri karena penasaran dengan ngunduh mantu Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono.

“Tahu bakal ramai tapi gak membayangkan ramainya sampai separah ini,” paparnya.

Maharani mengapresiasi pesta rakyat ngunduh mantu berjalan meriah. “Untuk Mas Kaesang, terimakasih bikin pesta rakyat yang meriah. Semoga keluarga sakinah mawadah warohmah,” paparnya.

Para Mantan Birokrat 

Rombongan keluarga Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY ikut menghadiri Resepsi Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pendopo Pura Mangkunegara, Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). 

SBY mengajak serta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beserta istrinya Annisa Pohan tiba di pendopo sekitar pukul 19.30 malam. Selain AHY, SBY juga didampingi, Edy Baskoro Yudhoyono (ibas) dan istrinya Aliya Rajasa.

SBY dan kedua puteranya kompak mengenakan setelan jas hitam dengan diikat dasi bewarna biru. Sementara Annisa dan Aliya masing-masing mengenakan kebaya bewarna biru dan merah.

Lewat tayangan streaming, keluarga SBY terlihat memasuki pendopo berbarengan dengan keluarga  CEO CT Corp Chairul Tanjung.

SBY sempat terlihat berbincang sepintas dengan mantan Menko Perekonomiannya pada Kabinet Indonesia Bersatu II pada medio 2014 itu.

Beberapa menit setelahnya, Mantan Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPR Puan Maharani sampai di Pura Mangkunegaran, pukul 19.49 WIB.

Megawati dan Puan juga terlihat didampingi oleh Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto, berjalan menuju panggung pelaminan. Setelah berfoto bersama, rombongan Megawati didampingi oleh anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming, meninggalkan panggung pelaminan.  

Selain Gibran, menantu Jokowi Bobby Nasution turut mendampingi Megawati dan Puan meninggalkan lokasi panggung pelaminan. 

Tidak hanya Megawati dan SBY, sejumlah mantan Wakil Kepala Negara terlihat mendatangi Resepsi Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Boediono, dan Hamzah Haz terlihat hadir di acara tersebut.

Konglomerat Merapat 

Selain para mantan presiden,bos dari Grup Salim, Anthoni Salim hingga pemilik Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan juga menghadiri resepsi pernikahan Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegara, Solo, pada Minggu (11/12/2022).

Pemilik PT Indofood Sukses Makmur dan PT Indofood CBP Sukses Makmur itu terpantau mengenakan setelan jas.

Selain Anthoni Salim, taipan lainnya yang hadir dalam pernikahan Kaesang adalah Sugianto Kusuma alias Aguan, Pemilik Agung Sedayu Group.

Aguan terpantau mengenakan setelan jas lengkap dengan dasi merah.

Anthoni dan Aguan juga sempat terlihat berfoto bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Edi Suwiknyo
Terkini