Jokowi Bertolak ke Belgia, Hadiri KTT ASEAN-Uni Eropa

Bisnis.com,13 Des 2022, 13:37 WIB
Penulis: Szalma Fatimarahma
Presiden Jokowi memberikan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah Tahun Anggaran 2023, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/12/2022)./ Dok. Youtube Setpres RI.

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Brussel, Belgia pada Selasa (13/12/2022). Jokowi dijadwalkan untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Uni Eropa.

Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi terbang dengan menggunakan pesawat Boeing 777 Garuda Indonesia-1 pada sekitar pukul 09.00 WIB. Jokowi turut didampingi oleh sang istri, Iriana Joko Widodo.

“Pagi hari ini saya bersama Ibu Negara dan juga delegasi terbatas akan menuju Brussel di Belgia dalam rangka menghadiri KTT ASEAN-EU dalam rangka 45 tahun hubungan ASEAN dan Uni Eropa,” terang Jokowi dalam keterangan resmi, Selasa (13/12/2022).

Jokowi menyebut bahwa Uni Eropa telah menjadi mitra dagang ketiga terbesar ASEAN setelah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Amerika Serikat. Total perdagangan ASEAN-Uni Eropa pada 2021 bahkan mencapai angka US$268,9 miliar.

Uni Eropa juga menjadi sumber foreign direct investment (FDI) terbesar kedua ASEAN dengan total investasi sebesar US$26 miliar pada 2021.

Oleh karena itu, Indonesia yang kini telah ditunjuk sebagai Ketua ASEAN 2023, tentu akan berkomitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan hubungan baik antar ASEAN dan Uni Eropa. Jokowi berharap, kunjungannya kali ini juga dapat menjadi gerbang awal bagi Indonesia untuk meningkatkan hubungan dagangnya dengan Uni Eropa.

Dalam lawatannya kali ini, Jokowi akan berada di Belgia kurang dari 24 jam. Setelah seluruh kegiatan di Belgia selesai, Kepala Negara akan langsung pulang ke Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Edi Suwiknyo
Terkini