Jokowi Undang Raja Belgia Kunjungi Indonesia

Bisnis.com,15 Des 2022, 07:34 WIB
Penulis: Akbar Evandio
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) disambut langsung Raja Belgia Philippe Leopold Louis Marie di Istana Laeken, Brussels, Rabu (14/12), sebelum kedua pemimpin tersebut melakukan pertemuan./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang Raja Belgia Philippe Leopold Louis Marie untuk melakukan kunjungan ke Tanah Air usai melakukan diskusi selama 30 menit antara kedua Kepala Negara tersebut.

Jokowi menilai kedekatan Indonesia dan Belgia sudah terjalin cukup lama, yaitu lebih dari 70 tahun sehingga orang nomor satu di Indonesia itu secara langsung mengajak Raja Philippe untuk berkunjung ke Indonesia.

“Saya [mengundang Raja] karena saya rasa kedekatan ini menjadi modal penting kemitraan Indonesia-Belgia ke depan,” katanya di Istana Laeken, Brussels, Rabu (14/12/2022).

Selain soal hubungan kedua negara, dalam pertemuan yang berlangsung lebih kurang 30 menit tersebut, Jokowi juga membahas isu penguatan kerja sama ekonomi dan kerja sama di bidang perubahan iklim.

Untuk diketahui, saat tiba di Istana Laeken, Jokowi disambut langsung di pintu masuk Istana Laeken yang merupakan kediaman resmi keluarga kerajaan Belgia. Kemudian, kedua pemimpin Negara pun melakukan foto bersama dan setelahnya keduanya menuju ruang pertemuan.

“Lebih dari 70 tahun, Belgia menjadi mitra penting dan strategis Indonesia. Sebagai bagian dari Komisi Tiga Negara tahun 1947, Belgia menjadi bagian penting sejarah kemerdekaan Indonesia. Belgia juga salah satu negara Eropa yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia,” tuturnya.

Sekadar informasi, setelah bertemu Raja Philippe, Jokowi akan menuju Gedung Europa untuk menghadiri sejumlah rangkaian KTT Peringatan 45 Tahun Asean-Uni Eropa. Kegiatan yang akan diikuti Kepala Negara yakni mulai dari penyambutan resmi, sesi pembukaan, sesi foto bersama, dan juga sesi pertemuan.

Di tempat yang sama, Jokowi juga diagendakan melaksanakan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara Uni Eropa. Malam harinya, Jokowi dan Ibu Iriana akan menghadiri jamuan makan malam di Musée Royal de Beaux-Arts.

Setelahnya, Kepala Negara dan Ibu Negara beserta rombongan menuju Bandara Abelag untuk bertolak kembali ke Tanah Air dengan menempuh perjalanan selama sekitar 15 jam hingga tiba di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini