Konten Premium

Turunnya Rating Indonesia Re oleh Fitch dan Blak-blakan Dirut Benny Waworuntu

Bisnis.com,22 Des 2022, 08:33 WIB
Penulis: Rika Anggraeni
Logo Indonesia RE

Bisnis.com, JAKARTA – Peringkat perusahaan reasuransi reasuransi raksasa pelat merah, PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re mendapat sorotan dari Fitch Ratings. Lembaga pemeringkat asing itu melakukan downgrade Insurer Financial Strength (IFS) Indonesia Re ke B (Lemah) dari sebelumnya BB+ (Cukup Lemah). Di saat yang sama pula, Fitch menurunkan peringkat IFS dalam negeri Indonesia Re ke BBB (idn) dari AA-(idn). Imbasnya, semua peringkat ditetapkan menjadi Rating Watch Negative (RWN).

Dalam penjelasannya, Fitch menyorot lini bisnis asuransi kredit di Indonesia Re. Di samping permintaannya tumbuh, namun rasio klaim asuransi kredit terbilang tinggi. Lainnya, sorotan terkait underwriting, bisnis asuransi jiwa, komitmen pemerintah untuk injeksi modal, pencatatan, hingga tingkat solvabilitas (risk based capital/RBC).

Direktur Utama Indonesia Re Benny Waworuntu angkat suara terkait keputusan lembaga independen itu menurunkan peringkat perusahaan. Menurut dia, sepanjang 2022, perusahaan telah melakukan peningkatan kualitas kinerja dengan mengupayakan hasil underwriting yang jauh lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini