Bralink EV1 Motor Listrik Buatan Purbaligga, Sekali Isi Daya Bisa Tempuh 40 Km

Bisnis.com,26 Des 2022, 14:17 WIB
Penulis: Rendi Mahendra
Bralink EV1/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Bralink EV1 merupakan motor listrik yang dikembangkan PT Rainbow Moto Builder (RMB)  bekerja sama dengan Tim Kerja Kendaraan Listrik Purbalingga dan Fasilitas Pelatihan Teknik Pengelasan.

Sementara itu, Tim Kerja Kendaraan Listrik Purbalingga dan Fasilitas Pelatihan Teknik Pengelasan dibentuk oleh Kementerian Perindustrian RI pada 10 Oktober 2022.

Menurut laporan Antara News, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga, Johan Arifin, bakal menargetkan membangun tiga unit prototype motor listrik pada akhir tahun 2022.

"Kami menargetkan membangun tiga unit prototype motor listrik berbasis baterai dapat terwujud di akhir tahun ini," kata dilansir dari laman AntaraNews, Kamis (22/12/2022).

Diketahui tahun 2021 Kabupaten Purbalingga mempunyai 204 IKM Logam dan alat angkut yang fokus memproduksi knalpot aftermarket (handmade) dan menyerap tenaga kerja mencapai 1.326 orang.

Knalpot yang diproduksi tersebut diminati brand-brand ternama dan dipasarkan hinga Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Brazil, hingga Meksiko.

Sementara, menurut Ketua Tim Kerja Motor Listrik Purbalingga, Yuszra Sabilla Suharto, fokus timnya dalam memproduksi motor listrik yakni pada tampilan, estetika, dan kenyamanan.

"Fokus kira look dan estetika, serta kenyamanannya bagus," ujarnya.

Hasilnya tim tersebut memakai daya 60 volt Ah tipe LifeP04 yang sekali isi daya (charge) bisa digunakan untuk menempuh jarak 40 km, dan memiliki lifetime mencapai 2.000 kali pengecasan.

Adapun taksiran harga motor listrik tersebut diperkirakan mencapai Rp40 juta per satu unit. "Kami terbuka dengan masukan masyarakat soal harga ini," ungkap Johan Arifin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rendi Mahendra
Terkini