Risiko Cuaca Ekstrem Masuk Perlindungan Asuransi? AAUI: Cermati Polis

Bisnis.com,28 Des 2022, 16:15 WIB
Penulis: Nabil Syarifudin Al Faruq
Ilustrasi PERAKIRAAN CUACA BMKG. Suasana gedung bertingkat di Jakarta, Selasa (20/12/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan prakiraan cuaca di Jakarta, Selasa (20/1/2022). JIBI/Bisnis/Fanny Kusumawardhani.

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Asurasni Umum Indonesia (AAUI) mengingatkan nasabah untuk membaca polis asuransi secara detail sebelum melakukan pembelian produk asuransi. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi berbagai bencana yang akan terjadi termasuk peringatan cuaca ekstrem yang mungkin terjadi.

Kadep Literasi AAUI Harris Marpaung mengatakan pemeriksaan polis ini mencakup nasabah asuransi harta benda hingga kendaraan.

“Nasabah bisa melakukan pengecekan, apakah polish nya tersebut sudah termasuk all risk, termasuk gempa bumi maupun badai,” ujar Harris kepada Bisnis, Rabu (28/12/2022) di tengah meningkatnya peringatan cuaca ekstrem.

Adapun bagi nasabah yang polish nya belum dilengkapi dengan perlindungan dari bencana alam seperti angin topan ataupun badai, Harris menyampaikan nasabah bisa meminta perluasan kepada pihak penanggung.

“Ketika membeli produk asuransi nasabah perlu untuk memperhatikan apa yang mereka butuhkan. Sehingga nasabah bisa merasa ter cover ketika memiliki asuransi yang dibutuhkan,” ujarnya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan bahwa badai dahsyat di wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) tidak akan terjadi pada hari ini (28/12/2022).  

Guswanto mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan memperbaharui informasi melalui kanal-kanal resmi BMKG dan perlu tetap waspada dengan segala potensi bencana hidrometeorologi jelang akhir tahun. 

"BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini, yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologis," ujar Guswanto.

Lebih lanjut, dia menyebutkan hujan masih terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat bahkan sangat lebat hingga awal Januari 2023. Menurutnya peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi pada 30 Desember 2022.

Sementara itu, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebut bahwa Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, akan dilanda hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022.

“Siapapun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022,” kata Peneliti Klimatologi pada Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN Erma Yulihastin di Twitter, dikutip pada Senin (26/12/2022). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini