Konten Premium

Beda Optimisme IKI Kemenperin dan PMI S&P, Pilih Mana?

Bisnis.com,02 Jan 2023, 18:39 WIB
Penulis: Rahmad Fauzan
Pekerja perempuan memproduksi alat pelindung diri sebuah perusahaan garmen saat kunjungan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Jakarta, Rabu (1/7/2020). Kunjungan Menaker tersebut guna memastikan pekerja perempuan pada sektor industri tidak mendapatkan perlakuan diskriminatif serta untuk mengecek fasilitas laktasi dan perlindungan kesehatan bagi pekerja terutama saat pandemi Covid-19. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Meski sama-sama menyimpulkan optimisme, terdapat perbedaan antara survei Purchasing Manager Index (PMI) diterbitkan S&P dengan Indeks Kepercayaan Industri yang dikeluarkan Kementerian Perindustrian atau Kemenperin.  Terutama subindeks keyakinan berusaha hingga periode beberapa bulan ke depan.

Dari hasil riset terbarunya untuk kinerja manufaktur nasional Desember 2022, Indeks Kepercayaan Industri (IKI) Indonesia dilaporkan naik tipis 0,01 poin dari 50,89 menjadi 50,9 poin. Sementara angka PMI S & P naik dari 50,3 menjadi 50,9. Indeks inipun baru merilis survei pada November dan Desember 2022.

Menurut Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif, tren itu diiringi dengan optimisme pelaku usaha sepanjang semester I/2023. Pemerintah melaporkan terdapat 60,5 persen pelaku usaha yang menyatakan optimis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

  1. 1
  2. 2
Tampilkan semua
Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Kahfi
Terkini