Ini 9 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker

Bisnis.com,03 Jan 2023, 14:02 WIB
Penulis: Nuraini
Inilah 9 Manfaat Jahe yang Baik untuk Kesehatan (pixabay)

Bisnis.com, JAKARTA - Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah sejak dahulu dipercaya berkhasiat untuk tubuh. Manfaat jahe untuk kesehatan ditunjang oleh kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Lantas, apa saja kandungan rimpang jahe? Dan apa manfaat tanaman herbal ini untuk kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Jahe

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, manfaat jahe ditunjang oleh nutrisi dan senyawa aktif yang berguna untuk kesehatan. Dilansir dari sehatq.com, kandungan jahe antara lain; kalori, karbohidrat, protein, lemak, serat, asam folat, gula, zat besi, kalium, vitamin B6, vitamin B3, vitamin B2, vitamin C, magnesium,  zinc, dan fosfor.

Manfaat Jahe bagi Kesehatan

Adanya kandungan tersebut membuat jahe mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan. Adapun beberapa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh, seperti berikut:

1. Mengurangi sakit

Salah satu penelitian yang dilakukan di University of Georgia menyebutkan bahwa suplemen rimpang jahe yang dikonsumsi rutin dapat mengurangi sakit otot. Tak hanya itu, jahe juga bisa membantu meredakan nyeri dysmenorrhea.

2. Mengurangi risiko penyakit kulit

Manfaat jahe lainnya yaitu bisa mengurangi risiko penyakit kulit. Hal tersebut dikarenakan jahe mengandung protein yang dapat melindungi tubuh dari jamur maupun bakteri penyebab penyakit kulit.

3. Menjaga imun tubuh

Manfaat jahe untuk wanita maupun pria yaitu bisa menjaga daya tahan tubuh. Oleh karena itu, di awal pandemi banyak orang yang memburu jahe untuk diolah sebagai jamu tradisional.

4. Mencegah penyakit kanker

Jahe juga diketahui bisa mencegah penyakit kanker. Pasalnya, rempah ini mengandung gingerol. Penelitian seputar manfaat jahe ini pernah dilakukan di University of Minnesota yang menggunakan tikus sebagai objek penelitiannya.

Hasilnya, tikus yang diberi gingerol mempunyai tumor lebih kecil dibandingkan tikus yang tidak diberi gingerol. Dengan demikian, gingerol dikenal sebagai senyawa yang mencegah perkembangan kanker.

5. Mengatasi gangguan asam lambung

Jahe diketahui bisa menjadi salah satu obat untuk mengatasi gejala kenaikan asam lambung. Berdasarkan keterangan di Halodoc, manfaat jahe untuk asam lambung ini karena jahe mengandung fenolat yang bisa menyembuhkan iritasi pada saluran pencernaan dan kontraksi di lambung. Inilah yang membuat jahe bisa mencegah asam lambung naik ke bagian kerongkongan.

6. Mencegah radang

Kandungan gingerol dalam jahe diketahui memiliki sifat anti inflamasi. Dengan demikian, bahan alami bisa mencegah radang, tak terkecuali peradangan sendi.

7. Memberikan efek afrodisiak

Jahe merah dipercaya bisa memberikan efek afrodisiak. Manfaat jahe merah untuk pria ini karena jahe merah mempunyai kandungan minyak atsiri yang memberikan efek afrodisiak.

Perlu diketahui bahwa afrodisiak adalah zat kimia dapat dimanfaatkan untuk melancarkan darah dan merangsang seksualitas. Senyawa ini diketahui bisa memicu ereksi.

Tak hanya itu, jahe merah juga mempunyai sifat antioksidan dan aktivitas androgenik yang bisa memicu produksi hormon testosteron pada laki-laki dan mempengaruhi kesuburan.

8. Mencegah penyakit diabetes

Manfaat jahe juga diketahui bisa mencegah penyakit diabetes. Sebuah studi menyebutkan bahwa kadar gula darah bisa menurun dengan mengkonsumsi jahe secara rutin.

9. Mengatasi sakit kepala

Saat merasa sakit kepala atau pusing, sebaiknya jangan langsung minum obat kimia. Sebaiknya gunakan obat alami atau herbal untuk mengatasi penyakit tersebut. Salah satu bahan alami yang dipercaya bisa menyembuhkan pusing yaitu jahe. Bahkan, rimpang jahe diketahui bisa meredakan rasa mual yang sering membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Itulah sejumlah manfaat jahe untuk kesehatan yang perlu dipahami. Manfaat tersebut akan maksimal apabila dikonsumsi dalam takaran yang tepat atau tidak berlebihan. Sementara itu, jika Anda memiliki penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi jahe sebagai obat herbal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini