Catat! Ini 12 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kulit

Bisnis.com,05 Jan 2023, 07:01 WIB
Penulis: Nuraini
12 Manfaat Minyak Zaitun, Apa Saja_ - Pexels

Bisnis.com, JAKARTA - Minyak zaitun terbuat dari ekstrak dari buah zaitun. Manfaat minyak zaitun sudah tidak diragukan lagi.

Kandungannya yang bersifat antioksidan dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh, wajah, dan kulit. Berikut ini penjelasan lengkapnya. 

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Minyak zaitun tak hanya digunakan untuk mengolah makanan saja. Akan tetapi, bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Dikutip dari Alodokter, berikut ini sejumlah manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh. 

1. Memelihara Fungsi Otak

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang pertama yaitu dapat memelihara fungsi otak. Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit pada otak, seperti demensia dan stroke. 

2. Menjaga Berat Badan

Minyak zaitun baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet. Fungsi minyak zaitun yang satu ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi minyak zaitun sembari membatasi asupan kalori dan berolahraga secara rutin.

3. Menjaga Kesehatan Mulut

Khasiat minyak zaitun selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan mulut. Kandungan minyak zaitun yang bersifat antioksidan dipercaya bisa membantu memelihara kesehatan gigi dan mulut. Khasiat ini dapat diperoleh dengan cara berkumur menggunakan minyak zaitun secara rutin sehingga bau mulut hilang. 

4. Mengatasi Sembelit

Sembelit dapat diakibatkan oleh kurangnya serat dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun, maka sembelit bisa diatasi karena membuat tinja menjadi lebih lunak. 

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut

Selain berguna untuk menunjang kesehatan, minyak zaitun juga bermanfaat untuk rambut.. Dilansir dari Alodokter, berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut. 

1. Menebalkan Rambut

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk pria maupun wanita yaitu bisa membantu menebalkan rambut. Oleh karena itu, minyak zaitun dapat digunakan sebagai masker rambut setiap 1-2 minggu sekali. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam minyak tersebut dapat merangsang pertumbuhan rambut menjadi lebih maksimal.

2. Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

Rambut kering dan bercabang dapat diatasi dengan minyak zaitun. Hal ini dapat terjadi karena asam oleat dan asam palmitat yang dapat melapisi dan menutrisi rambut sehingga rambut menjadi lebih halus dan mudah diatur. 

3. Menutrisi Rambut dan Kulit Kepala

Kegunaan minyak zaitun selanjutnya dapat menutrisi rambut dan kulit kepala. Kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalene dapat menutrisi rambut dan kulit kepala. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan antibakteri yang berperan dalam menjaga kesehatan dan kelembaban kulit kepala.

4. Mengatasi Ketombe Pada Bayi

Fungsi minyak zaitun untuk rambut selanjutnya yaitu mengatasi ketombe pada bayi. Cara menggunakan minyak zaitun cukup dengan dengan mengoles tipis minyak zaitun ke kulit kepala bayi dan dipijat lembut selama 1 menit. Setelah itu, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan sampo bayi sampai bersih.  

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah dan Kulit

Kandungan minyak zaitun ternyata bermanfaat juga untuk wajah dan kulit. Menurut penjelasan di Hellosehat, berikut manfaat minyak zaitun untuk wajah. 

1. Melembabkan Kulit 

Manfaat minyak zaitun untuk kulit yang pertama dapat melembabkan. Hal ini dikarenakan vitamin E dalam minyak zaitun bisa merangsang produksi sebum atau minyak alami kulit.

2. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Kegunaan minyak zaitun dalam mengurangi risiko kanker kulit sudah terbukti. Berdasarkan penjelasan di International Journal of Molecular Sciences, minyak zaitun mengandung senyawa allicin yang dapat menghambat pertumbuhan, penggandaan, dan penyebaran sel kanker kulit. 

3. Memperlambat Tanda Penuaan Dini

Manfaat minyak zaitun untuk wajah pada malam hari juga bisa menunda penuaan dini. Beberapa senyawa antioksidan tersebut diantaranya tokoferol, beta karoten, squalene, dan lutein yang dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi.

4. Menghapus Riasan Pada Wajah

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wanita yaitu dapat digunakan sebagai penghapus make up. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengoleskan dan memijat lembut di bagian wajah. Setelahnya, wajah dibilas dengan handuk yang telah direndam air hangat dan dilanjut dengan mencuci muka dengan sabun wajah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini